Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Dasar pada Era Socety 5.0 di Madrasah Ibtidaiyah Darutt’lim Lendang Bao Lombok

  • Lia Listiana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Keywords: Pengembanngan, Evaluasi Pembelajaran, Era Society 5.0

Abstract

Kegiatan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan harus meyesuaikan dengan zaman atau era saat ini yaitu era society 5.0, atau disebut era tehknologi, karena melaksanakan evaluasi merupakan salah satu hal yang bagian penting dalam pembelajaran, bisa dikatakan salah satu penunjang keberhasilan pembelajaran yang dilakukan, dengan demikian  hasil dari pembelajaran bisa sesuai dengan yang diharapakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami secara lebih mendalam bagaimana perkembangan evaluasi dalam pembelajaran dalam era society 5.0, peneliti ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif, subyek dari penelitian ini adalah semua guru Madrasah Ibtidaiyah Darutta’lim Lombok, adapun teknik dalam penelitian ini adalah melakukan teknik ovservasi awal u ntuk melihat keadaan di MI Darutta’lim apakah evaluasi masih seperti biasa-biasa saja atau sduah ada perkembangan, teknik selanjutnya yaitu teknik wawancara dalam teknik wawancara ini peneliti menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur dengan guru, selain obesrvasi dan wawancara guru menggunakan teknik dokumentasi sebagai pelengkap dari data-data hasil ovservasi dan wawancara, selanjutnya prosdur penelitian yang dilakukan oleh peneliti yakni berawal dari peneliti paparkan hasil temuan di lapangan, kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan menjadi suatu hasil dalam penelitian, di dalam penelitian ini membahas tentang pengembangan evaluasi dalam era society 5.0, adapun hasil yang dapat peneliti tuliskan yaitu hasilnya sudah ada perkembangan penerapan evaluasi pembelajaran dalam era society 5.0 di MI Darutt’alim Lombok meskipun masih banyak kendala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cabinet Office, Society 5.0, 2019, Diakses Dari Https://Www8.Cao.Go.Jp/Cstp/English/Society 5.0_0/Index.Html.
Haryanto. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dan Menejmen). Yogyakarta. UNY Press.
Hasanah Widiyani Nur, Dkk. 2021. Hubungan Efektifitas Pemmbelajaran Sistem Guru Keliling Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pendemi Covid 19. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Bandung. Mdrasatuna:Jurnl Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4 (2) 2021 86-93.
Ismail, M.Ilyas. 2021. Evaluasi Pembelajaran, Makassar: Cendekia Publisher.
Ismail, Muhammad Ilyas. 2020. Evaluasi Pembelajaran. Depok: Pt. Rajagrfindo Persada.
Magdalena, Ina. 2020. Evaluasi Pembelajaran Sd (Teori Dan Praktik), .Jawa Barat: Cv Jejak.
Maemonah, Fitriani, Teori Belajar Erikson Pada Pembelajaran Kooferatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III Di SD Muhammadiyah Manado, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Mdrasatuna:Jurnl Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4 (2) 2021 56-64.
Malawi, Ibadullah Dan Ending Sri Maruti. 2016. Evaluasi Pendidikan. Jawa Timur: Cv. Ae Media Grafika.
Mania, Siti. 2012. Pengantar Evaluasi Pengajaran, Alauddin University Press.
Rahmat. 2019. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Bening Pustaka..
Santoso, Adi, Subhan an dan Muksin. (2020). Study Islam Era Society 5.0. Sumatra Barat: CV. Insane Cendikia Mandiri.
Septiawan, Yudi. dkk, (2020) Strategi dan Metode Pembelajaran Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi. Jawa Barat: Goresan Pena.
Silalahi, Tauada. 2020. Evaluasi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

DOI:
Published
2022-06-30
How to Cite
Listiana, L. (2022). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Dasar pada Era Socety 5.0 di Madrasah Ibtidaiyah Darutt’lim Lendang Bao Lombok. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 14-20. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/464
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)