Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Dasar pada Era Socety 5.0 di Madrasah Ibtidaiyah Darutt’lim Lendang Bao Lombok
Abstract
Kegiatan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan harus meyesuaikan dengan zaman atau era saat ini yaitu era society 5.0, atau disebut era tehknologi, karena melaksanakan evaluasi merupakan salah satu hal yang bagian penting dalam pembelajaran, bisa dikatakan salah satu penunjang keberhasilan pembelajaran yang dilakukan, dengan demikian hasil dari pembelajaran bisa sesuai dengan yang diharapakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami secara lebih mendalam bagaimana perkembangan evaluasi dalam pembelajaran dalam era society 5.0, peneliti ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif, subyek dari penelitian ini adalah semua guru Madrasah Ibtidaiyah Darutta’lim Lombok, adapun teknik dalam penelitian ini adalah melakukan teknik ovservasi awal u ntuk melihat keadaan di MI Darutta’lim apakah evaluasi masih seperti biasa-biasa saja atau sduah ada perkembangan, teknik selanjutnya yaitu teknik wawancara dalam teknik wawancara ini peneliti menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur dengan guru, selain obesrvasi dan wawancara guru menggunakan teknik dokumentasi sebagai pelengkap dari data-data hasil ovservasi dan wawancara, selanjutnya prosdur penelitian yang dilakukan oleh peneliti yakni berawal dari peneliti paparkan hasil temuan di lapangan, kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan menjadi suatu hasil dalam penelitian, di dalam penelitian ini membahas tentang pengembangan evaluasi dalam era society 5.0, adapun hasil yang dapat peneliti tuliskan yaitu hasilnya sudah ada perkembangan penerapan evaluasi pembelajaran dalam era society 5.0 di MI Darutt’alim Lombok meskipun masih banyak kendala.
Downloads
References
Haryanto. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dan Menejmen). Yogyakarta. UNY Press.
Hasanah Widiyani Nur, Dkk. 2021. Hubungan Efektifitas Pemmbelajaran Sistem Guru Keliling Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pendemi Covid 19. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Bandung. Mdrasatuna:Jurnl Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4 (2) 2021 86-93.
Ismail, M.Ilyas. 2021. Evaluasi Pembelajaran, Makassar: Cendekia Publisher.
Ismail, Muhammad Ilyas. 2020. Evaluasi Pembelajaran. Depok: Pt. Rajagrfindo Persada.
Magdalena, Ina. 2020. Evaluasi Pembelajaran Sd (Teori Dan Praktik), .Jawa Barat: Cv Jejak.
Maemonah, Fitriani, Teori Belajar Erikson Pada Pembelajaran Kooferatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III Di SD Muhammadiyah Manado, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Mdrasatuna:Jurnl Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4 (2) 2021 56-64.
Malawi, Ibadullah Dan Ending Sri Maruti. 2016. Evaluasi Pendidikan. Jawa Timur: Cv. Ae Media Grafika.
Mania, Siti. 2012. Pengantar Evaluasi Pengajaran, Alauddin University Press.
Rahmat. 2019. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Bening Pustaka..
Santoso, Adi, Subhan an dan Muksin. (2020). Study Islam Era Society 5.0. Sumatra Barat: CV. Insane Cendikia Mandiri.
Septiawan, Yudi. dkk, (2020) Strategi dan Metode Pembelajaran Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi. Jawa Barat: Goresan Pena.
Silalahi, Tauada. 2020. Evaluasi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.