Konsep belajar peserta didik menurut AZ-ZARNUJI, implementasi pembelajaran di MI DARUTTA’LIM Lombok
Abstract
Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan sebaiknya memilih konsep belajar yang baik untuk diterapkan menurut Az-Zarnuji banyak sekali konsep-konsep pembelajaran yang diterapkan, khususnya pada hal ini di lembaga TPQ sebaiknya memilih konsep belajar yang tepat dalam menghapal ayat pendek, dalam hal ini yang dipentingkan adalah memilih metode dan beretika baik, jadi sebaiknya mengunakan metode yang telah dikonsepkan oleh Az-Zarnuji yaitu salah satunya dalam menghapal ayat pendek mengunakan metode takrir dan menerpakan etika belajar. Tujuan dari penelitian untuk memahmai secara lebih mendalam tentang konsep belajar menurut Az-Zarnuji serta bagamana pengimplementasiannya terhadap pembelajaran, penelitian ini mengunakan metode atau pendekatan kualitatif-deskriptif jenis studi kasus karena lebih di spesifikasikan ke dalam implementasi konsep yang dibahas, subyek dari penelitian ini adalah siswa TPQ, sedangkan teknik mengumpulan data di dalam penelitian ini adalah thknik observasi dan wawancara dengan cara tidak struktur, yang menerapkan protokol kesehatan, selanjutnya dipaparkan dan dianalisis dan disimpulkan menjadi suatu hasil dari penelitian, Dalam penelitian ini pembahasannya meliputi biografi Syaikh Az-Zarnuji, konsep-konsep belajar menurut Az-Zarnuji serta implentasi konsep belajar menurut Az-Zarnuji yang di spesifikasikan mengenai metode takrir dalam menghafal surat pendek dan etika belajar siswa atau murid dalam pembelajara, dan hasilnya metode takrir sangat efektif untuk digunakan dalam menghafal ayat pendek dan tidak lupa disetai dengan etika siswa yang lebih diutamakan.
Downloads
References
Arifin, Y. (2018). Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam. Yogyakarta: IRCiSod.
Bahruddin & Nurwahyuni E. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bahruddin & Nurwahyuni E. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Giwangsa, S, F. (2018). Pentingnya Pendidikan Moral Dalam Pendidikan Kewarganegaraan, Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 1 Nomor 1, 1(1) 26-40, Doi:https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v1i1.16.
K B. (2007). Etika. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.
Isti’adah, N. F. (2020). Teori-Teori Belajar dalam Pendidikan. Jawa Barat: Edu Publisher.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online/Daring (Dalam Jaringan), di Unduh Dari Https://Kbbi.Web.Id/Etika, Jam l 21:31, Sabtu, 12 Juni 2021.
Keraf, A. S. (2010). Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara
Maemunah, dan Andrean, S. (2020) Analisis perkembangan moral anak melalui pembelajaran aqidah akhlak di MI MA’ARIF Candran, Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 3 Nomor 2, 3 (2) 54 - 67 Doi: https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v3i2.270.
Maidiantus. (2014). Pendidikan Kajian Etis Tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan, Dalam Jaffray, Vol.2, 237.
Munawir. (1984). Kamus Al-Munawir. Yogyakarta: Pustaka Progressif
Nata, A. (2003). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sa’Dulloh. (2018). 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Sofyan, A. (2010). Kapita Selekta Filsafat. Bandung: Pustaka Setia.
Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Zuhairini. (1992). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Zuhairi. (1993). Metodologi Pendidikan Agama. Solo: Ramadhani.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.