IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM UPAYA MENINGKATKAN TAHSIN QIRO’ATIL QUR’AN BAGI ANAK USIA DINI DI TKQ MIFTAHURRAHMAH

  • Ima Ahadiah Mukhlasoh Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
  • Syarief Hasani Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
  • Rizqi Kustanti Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
Keywords: Metode Talaqqi, Tahsin Qiro’atil Qur’an, Anak Usia Dini

Abstract

Tingkat pencapaian untuk mencapai target pokok di TKQ Miftahurrahmah yaitu tahsin qiro’atil qur’an kurang optimal, hal ini dikarnakan kurangnya wawasan guru dalam memberikan metode membaca Al-Qur’an yang efektif dan efisien dengan melihat kondisi anak-anak di era global  ini, sehingga hal ini menjadi kendala dalam memberikan strategi pembelajaran, akibatnya masih banyak peserta didik TKQ Miftahurrahmah yang belum fasih dalam membacakan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode talaqqi dalam upaya meningkatkan tahsin qiro’atil qur’an bagi anak usia dini di TKQ Miftahurrahmah Kubangsari Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reaserch) dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendukung kajian penelitian. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menjelaskan implementasi metode talaqqi dalam analisis data peneliti menggunakan 3 cara yaitu reduksi data (memilah data) selanjutnya Display data (penyajian data) dan Verifikasi Data(Penarikan kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa implementasi metode talaqqi dalam upaya meningkatkan tahsin qiro’atil qur’an bagi anak usia dini di TKQ Miftahurrahmah Kubangsari Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, dan evaluasi (Penilaian). Perencanaan meliputi dasar pemilihan metode dan persiapan penerapan metode yang dilakukan agar metode yang dipilih tidak salah dan cocok diterapkan kepada anak. Perencanaan meliputi dasar pemilihan metode dan persiapan metode yang dilakukan agar metode yang dipilih tidak salah dan cocok diterapkan kepada anak. Adapun perencanaannya dimuat pada jadwal kegiatan, Pelaksanaan dan pengorganisasian metode talaqqi sudah berjalan dengan baik, Guru membantu anak dalam tahsin qiro’atil qur’an dengan metode talaqqi yang sesuai dengan perkembangan anak dimana anak usia 2-5 tahun belum bisa membaca. Dan evaluasinya terbilang cukup berhasil karena peningkatan anak yang sudah mulai bagus bacaannya lebih banyak dari pada anak yang belum meningkat bacaannya. Adapun faktor pendukung dari metode talaqqi ini kebaredaan guru,dapat diterima anak. Faktor penghambatnya ketika guru berhalangan hadir dan sarana prasarana yang khusunya tempat/kelas masih bersatu dengan DTA.

References

Abuddin Nata, Tafsir "Ayat-Ayat Pendidikan" (Tafsir Al-Ayat Al-Tarbawiy), (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002)

Acep Hermawan. 2013. "Ulumul Qur‟an". Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ambara Didith Pramunditya, dkk. 2014. "Asesmen Anak Usia Dini". Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ahmad., T. (2008). "Metodologi Pengajaran Agama Islam". Bandung: PT Remaja .

Depag RI. 1995. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Penyelenggara dan Terjemah Al-Qur’an.

Fuad., E. A. (2005). "Metodologi Pengajaran Bahasa Arab". Jogjakarta: MISYKAT Malang.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tajwid, diakses pada jum’at 17 Januari 2020

Jazari, Abi Khoiri Syamsudin Bin Muhammad. 1987. Matan Jazariyah.

Karim, KH. Busyrol. "Talaran tajwid 1". Garut:Pondok Pesantren Qiro’atussab’ah

Khasanah, uswatun. “Penerapan Metode Talaqqi Dalam Penerapan Surat Pendek Pada Anak (penelitian kualitatif di KB Mutiara Hati Karang Pucung, perwokerto )”. Skripsi— IAIN Purwokerto, Banyumas :2020

Khusniyah, Anisa Ida. “Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Muroja’ah (Studi Kasus di Rumah Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo, Tulungagung)”. Skripsi-- IAIN Tulungagung, Tulungagung: 2014

Komariah, Nur. “Kurikulum Berbasis Al Qur’an (KBQ) Pada Anak Usia Dini”, Jurnal Al Afkar, Vol. III, No. 1 (April 2015).

Lajnah Pentahsin Mushaf Al-Qur’an Departeman Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Surabaya: CV Penerbit Fajar Mulia), hlm. 95

Moleong Lexy J. 2014. "Metode Penelitian Kualitatif". Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad Gufron dan Rahmawati, "Ulumul Qur’an: Praktis dan Mudah" (Yogyakarta: Teras, 2013), hlm. 1

Nurkarima, Rima. “Analisis Pengelolaan Pembelajaran Tahsin Dan Tahfidz al-Qur’an dengan Metode Talaqqi di Kelas VIII Smpit Qordova Rancaekek Bandung’’. Skripsi. Bandung: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung, 2015.

Rizalludin Aziz. 2019. Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an. Khazanah Pendidikan,

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanti Cucu. 2016. "Evektifitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini". Jurnal Tunas Siliwangi: Vol.2 No.1 April.

Susanto Ahmad. 2011. "Perkembangan Anak Usia Dini". Jakarta

Wasito.2016.www.kabarmakkah.com/2016/04/ulama-yang-pertama-kalimenemukan-dan-menulis-ilmu-tajwid.html. Diakses pada pada tanggal 4 Maret 2017


DOI:
Published
2020-06-25
How to Cite
Mukhlasoh, I., Hasani, S., & Kustanti, R. (2020). IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM UPAYA MENINGKATKAN TAHSIN QIRO’ATIL QUR’AN BAGI ANAK USIA DINI DI TKQ MIFTAHURRAHMAH. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 17-33. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/391
Section
Articles