PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DI KB AR-ROZZAAQ DESA TANJUNGKERTA TASIKMALAYA

  • Hafshah Wulan Kamalia Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
  • Syarief Hasani Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
  • Ganjar Julian Pratama Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Perkembangan Moral

Abstract

Penelitian di Kelompok Bermain Ar-Rozzaaq dilatar belakangi oleh guru pendidikan agama Islam telah melakukan pengajaran secara profesional, namun masih ada anak yang belum memiliki moral baik. Mengingat Pendidikan agama Islam menjadi hal yang sangat penting dalam membentuk kepribadian muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama Islam terhadap perkembangan moral anak usia dini di Kober Ar-Rozzaaq. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang berupaya untuk mengungkapkan keadaaan/kondisi yang terjadi saat sekarang dengan mempertimbangkan keadaan masa lampau melalui pengolahan angka-angka yang diperoleh dari penelitian. Subjek penelitian berjumlah 20 orang anak di kober Ar-Rozzaaq kecamatan pagerageung. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data pendidikan agama Islam di kober Ar-Rozzaaq Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya mendapat nilai rata-rata ( = 35,35 adalah baik berada pada skala penafsiran 34,55-36,14 dengan klasifikasi baik). Sedangkan perkembangan moral anak usia dini di kober Ar-Rozzaaq Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya mendapat nilai rata-rata ( = 34,8 adalah cukup baik berada pada skala penafsiran 33,83-35,74 dengan klasifikasi cukup baik). Dan pengaruh pendidikan agama Islam terhadap perkembangan moral anak usia dini Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya mempunyai pengaruh yang positif serta signifikan kelas klasifikasi cukup/sedang, terbukti rS=0,47 berada pada interval 0,41-0,60 serta thitung (2,256) ttabel (2,101), maka Ha ­diterima Ho ditolak. Pendidikan agama Islam mempengaruhi perkembangan moral anak usia dini sebesar 22,09% sisanya 77,91% ditentukan oleh faktor lain seperti faktor lingkungan keluarga, lingkungan sosial anak usia dini.

References

Ardiyansyah, Andri, dkk.(2015). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Tasikmalaya: IAILM

Abdul Majid, S.Ag, Dian Andayani, Spd. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2004) Cet. Ke-1, h-133

Agus, Farida (2006). Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini : Bukan Sekedar Rutinitas : Paradigma Universitas Nergri Yogyakarta

Ainul Hasanah, U. P.-4. (n.d.). Urgensi pendidikan Moral dan Akhlak. 25-47.

Alfabeta Tim. ((2015),). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Fakultas Tarbiyah.

Ali, M. M. ((2016)). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Usia Dini. . JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 190-215.

Andrean Seka, Memunah (2020). “Analisis Perkembangan Moral Anak Melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI MA’ARIF Candran” Madrosatuna, Vol.3, No.2

Barni, Mahyudi, (2008). Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam Al-Banjari, Vol.7, No.1

Daradjat, Zakiyah, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:Bumi Aksara, 1992), cet ke-2, h.86

Farida Agus (2006). Pendidikan Moral Dan Niali-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini : Bukan Sekedar Rutinitas : Paradigma Universitas Nergri Yogyakarta

Fitri, Mardi, & Na’imah (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini Al-Athfaal, Vol.3 No.1

Fithri, Radhiyatul & Satrianis (2018). “Pengaruh Pembelajaran Agama Islam Terhadap Perkembangan Moaral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Hasanah Kecamatan Rumbal Pesisir” PAUD Lectura, Vol.1, No.2

Hasbullah, "Dasar-dasar Ilmu Pendidikan", (Jakarta:PT. Raja Grafindo Persasa, 2005), Cet ke-4 h.4.

Hasanah, A. (n.d.). Urgensi Pendidikan Moral dan Akhlak. 25-47.

https://pendidikanislamyes.wordpress.com/2014/05/08/dasar-dasar-pendidikan-islam/

Jasuri, J. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Dini. Madaniyah, 5(1), 195070.

John W. Santrock, Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup, alih bahasa Juda Damanik dan Ahmad Chusairi (Jakarta: Erlangga, 2002), 288

Khaironi, Mulianah (2017). “ Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini” Golden Age Universitas Hamzanwadi, Vol.01 No.1

Marimba D Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung.PT. Al-maarif, 1981), cet ke-5, h. 19

Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395-403.

Novan Ardy Wiyani, Bina Karakter AUD (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media,2013)

Rakihmawati , Yusmiatinegsih (2012). “Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Di TK DHARMAWANITA” jurnal Ilmiah Visi P2TK PAUD NI, Vol. 7 No. 1

Setiawati, F. A. (2006). Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Paradigma, 1(02)

Wawan. (2015). Pengantar Statistika Pendidikan. Tasikmalaya: CV Latifah.

Zuhairini, dkk. Metodik Khusus Pendidikan Agama (Surabaya:biro Ilmiah fakultas tarbiyah IAIN Sunan Ampel Malang), Cet ke-8, h.23


DOI:
Published
2020-06-25
How to Cite
Kamalia, H., Hasani, S., & Pratama, G. (2020). PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DI KB AR-ROZZAAQ DESA TANJUNGKERTA TASIKMALAYA. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1-16. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/390
Section
Articles