PENGARUH PEMBERIAN HADIAH (REWARD) TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI KB AR-ROZZAAQ KP. BOJONGBENTENG PAGERAGEUNG TASIKMALAYA

  • Rinda Miranda Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
  • Syarief Hasani Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
  • Rizki Kustanti Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
Keywords: Hadiah (Reward),, Minat Belajar

Abstract

Penelitian di Kelompok Bermain Ar-Rozzaaq dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Mengingat minat belajar peserta didik merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan pembelajaran, maka sudah semestinya guru dapat merancang sebuah kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap minat belajar peserta didik. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang mengungkapkan kondisi yang terjadi sekarang dengan mempertimbangkan masa lalu melalui pengolahan angka-angka yang diperoleh dalam penelitian. Subjek penelitian berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil bahwa pemberian hadiah (reward) di Kelompok Bermain Ar-Rozzaaq nilai rata-rata hitung 42,1 berada di atas interval 40,71 dengan klasifikasi baik, sedangkan minat belajar peserta didik nilai rata-rata hitung 43,05 berada di atas interval 40,88 dengan klasifikasi cukup baik. Korelasi kedua variabel ini yaitu pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap minat belajar peserta didik tergolong cukup, hal ini terbukti dengan thitung = 2,651 ≥ ttabel = 2,101. Pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap minat belajar peserta didik sebesar 28,09%, sedangkan sisanya 71,91% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Anugrahwaty, R. (2018). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyah Bustanul Athfal Kota Madya Jakarta Timur. Permata: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 85-93.
Ardiyansyah, Andri, dkk. (2015). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Tasikmalaya: IAILM
Arif, A. (2012). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Arikunto, S. (2006). Proses Peneitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta
Budiwibowo, S. (2016). Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar IPS Di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60-68.
Nurani, Yuliani. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi Revisi. Jakarta Barat: CV Campustaka
Drs. H. Isjoli, M. P (2014) Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: ALFABETA
H. Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Cet Kedua. Jakarta: Delia Press
Idris, M., & Dan, M. (2011). Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Istadi, Irawati. (2005). Agar Hadiah dan Hukuman Efektif, Jakarta: Pustaka Inti.
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, [SL], 7(1), 113-126.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul dkk. (2013) Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Makmun khairani. (2017) Psikologi Belajar, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Moh. Zaiful Rosyid, Aminol Rosid Abdullah.(2019) Reward Dan Punishment Dalam Pendidikan. Literasi Nusantara.
Nata, Abuddin. (2001). Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru-Murid. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Ngalim Purwanto. (2011). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto. (2007). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purnomo, Halim & Abdi, Husnul K. (2012). Model Reward Dan Punishment Perspektif Pendidikan Islam, Yogyakarta: Deepublish.
Purwanto. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Puspitasari, R. (2015, November). Pengaruh Pemberian Hadiah (reward) Terhadap Kemandirian Belajar Anak di TK Tunas Muda Karas Kabupaten Magetan TA 2015/2016. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan UNS 2015. Sebelas Maret University.
Rohmah, N. (2018). Pengaruh Pemberian (reward) Terhadap Minat Belajar Siswa SMP PGRI 1 Marga Tiga Kecamatan Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Sahlan, Asmaun. (2009). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah Upaya Mengembangkan PAI dari Teori Ke Aksi, Malang: UIN Maliki Press.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Ungguh Muliawan, Jasa, (2016) 45 Model Pembelajaran Spektakuler, Buku Pegangan Teknis Pembelajaran di Sekolah, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Wawan, (2015), Pengantar Statistika Pendidikan, Tasikmalaya: CV Latifah.
Wilujeng, N. E. (2015). Pengaruh Pemberian (reward) Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Dan Tanggung Jawab Siswa di Kelas V (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
Yunus, Mahmud, (2010). Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Pt Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah

DOI:
Published
2021-06-24
How to Cite
Miranda, R., Hasani, S., & Kustanti, R. (2021). PENGARUH PEMBERIAN HADIAH (REWARD) TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI KB AR-ROZZAAQ KP. BOJONGBENTENG PAGERAGEUNG TASIKMALAYA. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 32-47. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/402
Section
Articles