Problematika Perencanaan Pembelajaran IPS MI Nurul Islam Banjarmasin

  • Eka Yuliani Universitas Islam Negeri Antasari, Banjarmasin, Indonesia
  • Huriyah Huriyah Universitas Islam Negeri Antasari, Banjarmasin, Indonesia
Keywords: problematika, perencanaan pembelajaran, pembelajaran IPS

Abstract

Proses penyusunan perencanaan pembelajaran IPS penting dilakukan guru karena dengan
perencanaan yang baik, maka guru akan mudah mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian
untuk mengetahui proses penyusunan perencanaan pembelajaran IPS, problematika yang dihadapi
guru pada penyusunan pembelajaran IPS, dan upaya mencari solusi atas permasalahan pada
perencanaan IPS untuk Kelas IV. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan yang
bersifat pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian merupakan guru wali kelas IV dan
objeknya problematika penyusunan perencanaan pembelajaran IPS kelas IV pada MI Nurul Islam.
Teknik pengumpulan data yang dipakai merupakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Adapun teknik analisis data yang dipakai ialah deskriptif kualitatif dengan model Miles and
Hubermen. Hasil penelitian ini (1) komponen perencanaan pembelajaran yang disusun guru IPS
kelas IV telah sesuai dengan komponen RPP yang ditetapkan Permendikbud, namun terdapat
perbedaan pada penilaian hasil pembelajaran. (2) problematika yang dihadapi guru IPS kelas IV
yaitu, (a) keterbatasan waktu yang dimiliki guru untuk menyusun RPP IPS, (b) Kesulitan dalam
memilah media dan tidak mempunyai cukup waktu dalam membuat media sendiri, (c) kesulitan
dalam menentukan alokasi waktu pada penyusunan RPP IPS. (3) Upaya mengatasi problematika
penyusunan perencanaan pembelajaran IPS yaitu, (a) Mengadaptasi RPP yang tersedia serta
membuat RPP pada awal semester, (b) Menggunakan video pembelajaran yang tersedia di Youtube
serta menggunakan media audio, dan (c) menggunakan model pembelajaran kooperatif serta
memprioritaskan materi ajar dan memahami lebih mendalam terkait materi ajar sehingga dapat
menentukan alokasi waktu yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aje, A. U. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cet 1). CV Azka Pustaka.
Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran (Cet 1). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia
(LPPPI).
Arum Mawar, K. (2017). Problematika Guru Dalam Penyusunan Perangkat pembelajaran Perangkat Pembelajaran Di
SD Muhammadiyah 14 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Damayanti, R., & dkk. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mempersiapkan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Workshop. Vol 4, 333–337.
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5227
Djamaluddin, A. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis (Cet 1). CV Kaffah
Learning Center.
Hendracita, N. (2021). Model Model Pembelajaran SD (Cet 2). : Tofani Multikreas.
Kamiludin, J. (2021). Pelaksanaan In House Training (IHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru
Dalam Menyusun RPP. Jurnal Pedagogiana, Vol 8, 1–9.
https://doi.org/doi.org/10.47601/AJP.XXX
Lubis, N. A., & dkk. (2019). Pendidikan IPS Dalam Kurikulum 2013. Institus Agama Islam Negeri Padang
Sidimpuan.
file:///C:/Users/pcc/Downloads/PENDIDIKAN%20IPS%20DALAM%20KURIKULUM%2
0%202013-1%20(1).pdf
Masitah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung
Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir. Vol 15, 40–44.
Mudrikah, S. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Teori dan Implementasi (Cet 1). CV Pradina Pustaka
Grup.
Mulyahati, B. (2014). Analisis Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas
Pendidikan Indonesia.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran (Cet 1). Perdana Publishing.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Misykat, Vol 3, 171–187.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22.Tahun 2016 Tentang Standar Proses
Pendidikan Dasar Dan Menengah. (2016, Juni).
file:///C:/Users/pcc/Downloads/Salinan%20Permendikbud%20Nomor%2022%20Tahun%20
2016.pdf
Prihatmojo, A., & Rohmani. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Who Am I (Cet 1). Universitas
Muhammadiyah Kotabumi.
Rosardi, & Supandi. (2021). Perencanaan Pembelajaran IPS Integratif. Insan Cendikia Mandiri.
Ruminiati. (2016). Sosio-Antropologi Pendidikan Suatu Kajian Multikultural (Cet 1). Penerbit Gunung Samudera.
Siska, Y. (2020). Pembelajaran IPS Di SD/MI. Garudhawaca.
Sukirman. (2020). Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Peningkatan Kompetensi
Guru. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, Vol. 4, 204–212.
Susanto, A. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar (Cet 2). Prenada Media Group.
Sutomo, M. (2022). Perencanaan Pembelajaran Ilmu Pendidikan sosial (Cet 1). Bildung.
Widyasari. (2018). Perencanaan pembelajaran (cet 1). Wade Group.

DOI:
Published
2023-12-31
How to Cite
Yuliani, E., & Huriyah, H. (2023). Problematika Perencanaan Pembelajaran IPS MI Nurul Islam Banjarmasin. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 99-109. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/871
Section
Articles