Pencapaian Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Melalui Penggunaan Media Big Books Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

(Penelitian Eksperimen di SD Negeri 3 Cikarag Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut)

  • Dera Nurkhusniah Drajat Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
  • Nana Suryana Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
  • Nita Anjung Munggaran Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Media Big Books, Pencapaian, Keterampilan, Membaca Permulaan

Abstract

Kemampuan membaca di kelas awal sangat berperan penting sebagai pondasi atau dasar penentu
keberhasilan dalam kegiatan belajar siswa. Namun faktanya keterampilan membaca permulaan peserta didik
kelas I SD Negeri 3 Cikarag masih rendah. Hal ini ditandai dengan peserta didik masih menirukan kalimat
yang dibaca guru tanpa memperhatikan kalimat yang dibaca, dan peserta didik belum memperhatikan lafal
serta intonasi dalam membaca. masalah tentang rendahnya keterampilan membaca kelas 1 harus diatasi agar
kedepannya peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam hal membaca.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pencapaian keterampilan membaca
permulaan peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia setelah menggunakan media Big Books
dibandingkan dengan sebelum menggunakan media Big Books di SD Negeri 3 Cikarag.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pre experimental design (nondesigns), bentuk pre
experimental one group pre-test post-test Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Negeri 3 Cikarag
sebanyak 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Adapun
teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi, wawancara dan angket.
Pencapaian keterampilan membaca permulaan sebelum menggunakan media Big Books sebanyak 11
peserta didik (33%) yang sudah mencapai keterampilan membaca permulaan. Pencapaian keterampilan
membaca permulaan setelah menggunakan media Big Books 28 peserta didik (85%). dan Pencapaian
keterampilan membaca permulaan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah
menggunakan media Big Books dibandingkan dengan sebelum menggunakan menggunakan media Big Books
terdapat perbedaan yang signifikan. diperoleh ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? atau 7,89 > 3,622 sehingga dapat
disimpulkan ???????? ditolak dan ???????? diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achadiah, Sabarti. (2013). Pembakuan Bahasa Indonesia. Jakarta:Rineka Cipta
Anitah, S. (2008). Startegi pembelajaran di SD. Jakarta : Uniersitas Terbuka.
Dalman.(2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Garafido persada
Enny Zubaidah.(2013). Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak. Yogyakarta: Universitas Negeri
Yogyakarta (Draf Penulisan Buku)
Faoz, Rusman. (2015). Media Pembelajaran Berbasis Sains. Tasikmalaya : Latifahpress.
Karges, L., and Bone. (1992). Bring on the Big Books. United States Agency for International
Development or the United States Government.
Musfiqon. HM. (2012). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar. Sidoarjo: Pustaka Raya Kota
Mulyati.(2015). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Aditya Media
Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara
Sudjana, Nana & Ibrahim. (2012). Penelitian dan Penelitian Pendidikan. Sinar Baru Algensindo
Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta Cv
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta Cv.
Tampubolon. (1993). Mengembangkan Minat Dan Kebiasaa Membaca Pada Anak. Bandung : Angkasa.
USAID. (2014). Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK.
Jakarta: USAID.
USAID Priorotas. (2015). Materi untuk Sekolah, Praktek yang Baik untuk Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah (SD/MI). Jakarta: USAID.
USAID, (2014). Panduan Pembelajaran Inofatif di Sekolah Dasar. Jakarta. Depdikbud.
Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, Bab 1 ayat 1. (2005). Jakarta: Sinar Grafika.
Zubaidah, Enny.(2016). Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak. Yogyakarta:Universitas Negeri
Yogyakarta (Draf Penulisan Buku).
Yusuf, Syamsu dan Nurihsan Juntika, (2012), Landasan Bimbingan & Konseling, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Anggraeni, S. (2017). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Books
multiple activities pada siswa kelas 1 SDN Madyopuro 2 Malang. Peningkatan keterampilan
membaca permulaan melalui media Big Books multiple activities pada siswa kelas 1 SDN
Madyopuro 2 Malang/Suci Anggraeni.
Arijani, R. (2013). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media snader
game. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2).
Colville-Hall, Susan & Oconnor, Barbara. (2006). Using Big Books : A StandarsBased Instructional
Approach for Foreign Language Teacher Candidate in a PreK-12 Program. Foreign Language Annals Vol.
39 Nomor 3. Hlm. 487- 506.
Darmata, Aqila Sinta. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media
Bigbook Pada Murid Kelas I SD Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman. Yogyakarta :
Universitas Negeri Yogyakarta.
Dewi, Nurani Sinta. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan
Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Slow Learner. Diss. Universitas Mercu Buana
Yogyakarta.
Firdana, D. N. (2018). pengembangan media Big Books untuk meningkatkan hasil belajar pecahan
senilai siswa sd. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 16(1), 67-76.
Hermansyah, A. K., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Penggunaan Media Kartu Warna Kata
untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Gudang
Arang Merauke. Musamus. Journal of Primary Education, 104-115.
Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big
Books s pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna:
Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60-78.
Muchsin, Nachra. (2015). Pengaruh Media Big Books Dalam Meningkatkan Kemampuan
Membaca Permulaan Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Murid Kelas II SD Negeri
Sungguminasa 3 Kabupaten Gowa. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media
flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137.
Saputra Reno (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode
Struktural Analitik Sintetik (SAS) Siswa Kelas 1 di SD Negeri 1 Gebangsari Kebumen. Tesis.
PGSD-UNY.
Septiyani, Sundari; Kurniah, Nina.(2017) Pengaruh media Big Books s terhadap kemampuan
berbicara pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2.1: 47-56.
Seteria, V. F. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Books s
Subtema Pengalaman Merawat Hewan Pada Siswa Kelas II SDN Kedungkandang 2
Malang. SKRIPSI. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan
UM.
Syelviana, Nishfi; Hariani, Sri.(2019). Pengembangan Media Big Books Dalam Pembelajaran
Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Vol. 7.1

DOI:
Published
2023-12-31
How to Cite
Drajat, D., Suryana, N., & Munggaran, N. (2023). Pencapaian Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Melalui Penggunaan Media Big Books Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 86-98. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/869
Section
Articles