Analisis Model Pembelajaran TGT Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia IPA Kelas V MI Nurul Ulum

  • Mu’tiqoh Izzatun Nadiyah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Arini Maulidiyatuz Zahro UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Muhammad Suwignyo Prayogo UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
Keywords: Model Pembelajaran TGT, Sistem Pencernaan Pada Manusia

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya model pembelajaran TGT materi sistem
pencernaan pada manusia IPA Kelas V MI Nurul Ulum dianalisis berdasarkan fakta yang ada
di lapangan. Dalam penelitian ini bertujuan guna mengetahui penganalisisan model
pembelajaran TGT materi sistem pencernaan pada manusia melalui sumber yang ada. Jenis
penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi
kepustakaan. Pendekatan kualitatif merupakan suatu pendekatan yang bermaksud dalam
menafsirkan kejadian dimana suatu kejadian tersebut instrumen kunci ialah peneliti dengan
pengumpulan suatu data pada latar yang ilmiah. Studi kepustakaan atau library research
memanfaatkan sumber perpustakaan guna memperoleh suatu data penelitian. Dalam studi
kepustakaan ini lebih tegasnya bahwa kegiatan yang di hasilkan di peroleh dari koleksi
perpustakaan tidak diperlukan penelitian secara langsung. Subjek dalam penelitian ini
merupakan peserta didik kelas V MI. Nurul Ulum dengan 30 peserta didik yakni 15 peserta
didik perempuan serta 15 peserta didik laki-laki. Tempat penelitian atau setiing penelitian
dilaksanakan di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Sidomukti. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan kumpulan dari refrensi yang bersumber dari buku,
jurnal ataupun yang lainnya. Kesimpulan penelitian ini ialah dengan pembaca bisa
mendeskripsikan serta menganalisis model pembelajaran TGT materi sistem pencernaan pada
manusia IPA kelas V MI Nurul Ulum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, J. S. dan A. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Arianna Dkk, O. (2022). Model Pembelajaran Inovatif Dan Rancangan Pembelajaran Untuk Guru IPA SMP (A.
Wahyu (ed.)). LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.
Arisworo, D. (2016). IPA : ilmu pengetahuan alam. Grafindo Media Pratama.
Dewi, P. Y. A. (2012). Teori Dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI (T. Fairuz (ed.)). Yayasan Penerbit
Muhammad Zaini.
Haerullah, A. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi) (T. Abdullah (ed.)). Lintas
Nalar.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode. Hidayatul Quran
Kuningan.
Indra, Y. F. W. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter
Peduli Lingkungan Dan Literasi Sains. Penerbit Deepublish.
Khamim. (2020). Seri Sains: Sistem Pencernaan (Y. Winarti (ed.)). Alprin.
https://www.google.co.id/books/edition/Seri_Sains_Sistem_Pencernaan/sscBEAAAQBAJ?hl=id
&gbpv=1
Mikrajuddindkk. (2006). IPA TERPADU : - Jilid 2A. Erlangga.
https://www.google.co.id/books/edition/IPA_TERPADU_Jilid_2A/YgNFUkkVdYwC?hl=id&g
bpv=1
Musdalipa. (2022). Buku Panduan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Teams Games Turnament (TGT) Berbasis
Media Ular Tangga (Y. E. Sari (ed.)).
Mutiara, M. (2021). Pemanfaatan Penggunaan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Media Pendukung
Pembelajaran IPA di MI/SD. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2),
104–119. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v4i2.380
Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT
pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 3.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3430
Nurika. (2021). Sistem Pencernaan Makanan Dalam Pandangan Islam. Guepedia.
Rositawaty, A. (2008). Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 5 untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas
V. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Suryanah, C. (n.d.). Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran IPA Tentang Energi Alternatif Melalui
Metode Diskusi di SDN Sukamenak 5 Tasikmalaya. 6(1), 26–38.
Umi, C. (2019). Arif Cerdas Untuk Sekolah Dasar Kelas 5. Gramedia Widiasarana Indonesia.
https://www.google.co.id/books/edition/ARIF_CERDAS_UNTUK_SEKOLAH_DASAR_KEL
AS_5/QTEIEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
Wijaya, A. (2006). IPA Terpadu SMP/MTs Kls VIII A. Grasindo.

DOI:
Published
2023-12-31
How to Cite
Nadiyah, M., Zahro, A., & Prayogo, M. (2023). Analisis Model Pembelajaran TGT Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia IPA Kelas V MI Nurul Ulum. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 55-67. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/868
Section
Articles