Implementasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di MI/SD
Abstract
Penelitian ini latarbelakangi dengan masih rendahnya hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik
ialah pengalaman pesta didik yang dihasilkan dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang sering terjadi
terkhususnya di sekolah dasar ialah rendahnya hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang
diterapkan oleh pendidik dapat dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya hasil
belajar peserta didik. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran
kooperatif yang mengharapkan siswa untuk aktif dan membangkitkan semangat sehingga dapat saling
mendukung dan membantu dalam menguasai materi pembelajaran yang telah dipelajari. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang menggunakan
model pembelajaran PBL pada siswa sekolah dasar. Tujuan penelitiannya menggunakan metode deskriptif
kualitatif dengan memanfaatkan studi kepustakaan dimana mencari data melalui internet atau elektronik
atau media cetak seperti Google scholar, buku, jurnal, artikel, dll. Analisis yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pemeriksaan informasi atau data, yang meliputi pertukaran pemikiran secara mendaam tentang
data yang telah ditulis dalam media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran
berbasis masalah dapat lebih mengembangkan pengalaman dan hasil belajar siswa dalam pelajaran sains di
kelas sekolah dasar
Downloads
References
Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1),
17-23.
Ariani, R. F. (1858). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa Sd. 4.
Chan, WH. (2013). Applying Problem-Based Learning Model and Creative Design to Conic-Sections
Teaching. International journal Of Education And Information Technologies. 7 (3), 73-80.
Fauzi, I. (2019). Etika Profesi Keguruan (K. Umam (ed.); II). IAIN Jember Press.
Hamruni, 2012. Strategi pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Handayani, M., Puryatmi, H., & Hanafi, H. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model
Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,
4(1), 548–555. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1829
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan
Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5.
https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Meta-analisis, S., Amalia, K. N., Santosa, T. A., & Yulianti, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 2173–
2181.
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Rahma Dhiyaul Imaroh, Sudarti Sudarti, & Rifati Dina Handayani. (2022). Analisis Korelasi Kemampuan
Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran Ipa Dengan Model Problem Based
Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 198–204. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.580
Sudarmawan, G. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan
Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SD. 5(2), 278–286.
Sulastri, E., Supeno, S., & Sulistyowati, L. (2022). Implementasi Model Problem-Based Learning untuk
Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA.
Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5883–5890. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3400
Santiani, N. W., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD
Undiksha, 5 (2).
Wulandari, E. 2012. Penerapan Model PBL (Problem based learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD.
Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 1(1)
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.