Analisis Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPAS di SDN 09 Baringin

  • Rahmalia Ismail UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Yufi Latmini Lasari UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
Keywords: pendekatan, pembelajaran berdifernsiasi, materi IPAS

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses interaktif dimana seserang dapat memperoleh pengetahuan,
keterampilan, sikap, dan pemahaman melalui pengajaran dan pengalaman yang telah diberikan
oleh guru dan lingkungan belajar itu sendiri. Hal ini mencakup interaksi guru dan siswa, siswa
dengan lingkungannya. Akibatnya, guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang
berdiferensiasi selama proses pembelajaran, yang memungkinkan siswa untuk berkontribusi pada
potensi dan kemampunnya sendiri. Selanjutnya, guru membantu siswa dengan memberikan
bimbingan dan pembinaan agar mereka menyadari potensi dan kemampuan mereka.
Pembelajaran berdiferensiasi ini meliputi diferensiasi konten, proses, dan produk. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran diferensiasi di sekolah dasar, terutama
tentang mata pelajaran IPAS yang diajarkan secara berdiferensiasi. Di SDN 09 Baringin
pembelajaran berdiferensiasi dengan belajar materi IPAS Pembelajarannya sangat menyenangkan
karena pada materi ini memuat pengalaman yang ada dikehidupan sehari- hari siswa. Metode
penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian
deskriptif. Infomasi tentang penelitian didapat melalui dengam melakukan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Dengan melakukan observasi, peneliti mempunyai kesempatan langsung untuk
megamati obyek yang akan ditelitinya. Tujuan peneletian melakukan wawancara adalah untuk
mengetahui informasi sebanyak-banyaknya mengenai topik yang akan diteliti. Menurut peneltian
yang telah dilakukan oleh peneliti dapat diperoleh temuan bahwa pembelajaran berdiferensiasi ini
telah dilaksankan di sekolah oleh guru. Melalui pembelajaran berdiferensiasi ini guru sangat
merasa senang karena siswa lebih aktif dan antusias saat belajar materi IPAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggita, A. D., Ervina Eka Subekti, Muhammad Prayito, & Catur Prasetiawati. (2023). Analisis
Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Ipas Di Kelas 4 Sd N Panggung Lor.
Inventa, 7(1), 78–84. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7104
Arhinza, A., Sukardi, S., & Murjainah, M. (2023). Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5
pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 6518–6528.
https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3873
Astria, R. T., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian
Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112–119.
https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.2647
Barlian, U. C., Yuni, A. S., Ramadhanty, R. R., & Suhaeni, Y. (2023). Implementasi Pembelajaran
Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris.
ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 815–822.
https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.742
Basir, M. (2018). Pendekatan Pembelajaran (Issue October 2017).
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program
Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.
Hatimah, I. (2013). Pengertian Pendekatan, strategi, metode, dan teknik. Jurnal Pendidikan (Teori
Dan Praktik), 1, 1.
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_SEKOLAH/19540402198011
2001-
IHAT_HATIMAH/Pengertian_Pendekatan,_strategi,_metode,_teknik,_taktik_dan.pdf
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran
berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.
Miqwati, M., Susilowati, E., & Moonik, J. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Pena
Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 30–38.
https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.4997
Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. XIII(2), 177–181.
Nurazijah, M., Lailla, S., & Rustini, T. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPS
sebagai Bentuk Internalisasi Konsep Merdeka Belajar. Journal on Education, 6(1), 1798–
1805. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3158
Putri, A. D., & Lasari, Y. L. (2023). JUARA SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Volume 2 Nomor 2 Juli Tahun 2023 Analisis Media Pembelajaran Berupa Media Cetak Terhadap
Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. 2.
Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based
Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492–498.
https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782
Septiana, A. N. I. M. A. W. (2023). Analisis Kritis Materi Ips Dalam Pembelajaran Ipas
Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43–54.
file:///C:/Users/hp/Downloads/3479-7788-1-PB (2).pdf
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022).
Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529-535.

DOI:
Published
2023-12-31
How to Cite
Ismail, R., & Lasari, Y. (2023). Analisis Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPAS di SDN 09 Baringin. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 68-76. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/866
Section
Articles