Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran IPA Tentang Energi Alternatif Melalui Metode Diskusi di SDN Sukamenak 5 Tasikmalaya

  • Cucu Suryanah SD Negeri 5 Sukamenak Tasikmalaya, Indonesia
  • Caswita Caswita Institut Nahdlatul Ulama Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Hasil Belajar, IPA, Metode, Diskusi

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode diskusi dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 5 Sukamenak? Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran IPA dengan menggunakan metode diskusi
pada siswa kelas IV SDN 5 Sukamenak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK),
dengan subyek siswa Kelas IV SDN 5 Sukamenak sebanyak 9 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak
dua siklus dan setiap siklus terdiri 4 tahap, yaitu: (1) rencana tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3)
observasi (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan
siswa serta tes hasil belajar siswa. Pada tes kemampuan awal yang dilakukan yaitu hanya 3 dari 9 siswa
yang memperoleh nilai 70 ke atas, dengan nilai rata-rata kelas 5,66. Pada siklus II mengalami
peningkatan rata-rata nilai pada siklus 1, 70 meningkat jadi 81 pada siklus 2. Terdapat 6 orang yang
memperoleh nilai 100 ada, 2 orang dengan nilai 90, 8 orang dengan nilai 80, 7 orang dengan nilai 70
dan nilai ter rendah 60 ada 2 orang siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan
metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 5
Sukamenak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahar, R.W. (2003). Aneka Wacana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingat Satuan Pendidikan untuk Sekolah Dasar
dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdiknas
Depdikbud (1989), Kamus Besar Bahasa Idonesia, Jakarta, Balai Pustaka.
Hakim, Thursan (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Iskandar D. (1996/1997), Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta : Depdikbud.
Kurikulum IPA (2006 : 6, 7) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar untuk SD/MI. Jakarta:
Depdiknas.
Kasbolah K. (1999). Penelitian tindakan Kelas. Jakarta: Dikti Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Purwanto, Ngalim (1996). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya,
Rusyan, Tabrani. (1996). Metode Pembelajaran. Jakarta : Amanah Duta.
Soedarsono, F., (1996/1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian Kesatu
Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Depdikbud, Dirjen Dikti, Jakarta.
Slameto, 2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudirman, dkk. (1989). Ilmu Pendidikan: Kurikulum, Program Pengajaran, Efek Instruksional, Metode
Mengajar, Media Pendidikan, dan Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: CV. Remaja Karya.
Sumaatmadja, Nursyid. (1997). Manusia Dan Konteks Sosial, Budaya, dan Lingkungan Hidup. Bandung:
CV Alfabeta.
Usman, Uzer. (2006). Menjadi Guru Profesional: Bandung : Remaja Rosda Karya, 2006,
Winataputra, Udin, dkk (2001), Strategi belajar Mengajar, jakarta : Universitas Terbuka

Published
2023-06-30
How to Cite
Suryanah, C., & Caswita, C. (2023). Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran IPA Tentang Energi Alternatif Melalui Metode Diskusi di SDN Sukamenak 5 Tasikmalaya. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 26-38. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v6i1.675
Section
Articles