Penerapan Metode Reading Guide Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar

  • Susilawati Susilawati Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang Selatan, Indonesia
Keywords: metode reading guide, membaca, membaca pemahaman

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami bacaan,
kurangnya minat siswa dalam membaca bacaan, tidak memahami isi bacaan, Siswa tidak fokus
pada kegiatan membaca dan bacaan yang kurang menarik untuk dibaca. tujuan dilakukannya
penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menelaah kemampuan membaca pemahaman, faktor
penyebab kesulitan membaca pemahaman, dan solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi
kesulitan membaca pemahaman pada siswa selain itu bertujuan untuk mengetahui gambaran
penerapan metode reading guide dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di
sekolah dasar, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi literatur pengumpulan
data dari jurnal-jurnal yang terkait serta buku-buku yang berkaitan dengan topik pembahasan,
Hasil penelitian memberitahukan bahwa peningkatan kemampuan membaca harus ditingkatkan
yaitu dengan bantuan metode reading guide dimana dalam metode tersebut guru membantu
siswa memahami isi suatu teks yang isinya disesuaikan dengan topik. Selain itu, guru juga
membuat kisi-kisi soal atau bisa juga berupa grafik atau diagram untuk dijawab siswa berdasarkan
bahan bacaan yang telah dibaca dan dipelajarinya sebelumnya. Oleh karena itu saran yang yang
dapat diterapakan yaitu membiasakan siswa untuk membaca buku, memberikan sarana dan
prasarana, dan guru dapat menerapkan model, strategi, dan metode pembelajaran yang tepat bagi
siswa diharapkan dengan menggunakan metode reading guide kemampuan membaca
pemahaman siswa dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarita, Rahel Sonia, Neneng Sri Wulan, and D. Wahyudin. 2021. “EDUKATIF : Analisis Kemampuan
Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar.” JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3(5):2336–44.
Astuti, Wiwik Wiji. 2020. “Biology Teaching and Learning Penerapan Strategi Pembelajaran Reading
Guide Dengan Media Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa
Kelas VII SMP Tunas Bangsa Makassar.” Jurnal Biology Teaching and Learning 3(2):89–94.
Endah, Arwira Z. dkk. 2018. “PENERAPAN METODE GUIDE READING UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA IV SD Arwida.”
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar III(I):1–21.
Faiz Muntazori dkk, Ahmad. 2020. KIBAR 2020: Proceedings of the 1st Konferensi Internasional Berbahasa
Indonesia. Jakarta: EAI Publishing.
Farwati, Ai Ida, Tatang Syaripudin, Tatat Hartati, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar,
Departemen Pedagogik, Fakultas Ilmu Pendidikan, and Universitas Pendidikan Indonesia. 2021.
“PENERAPAN METODE GUIDED READING UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR.” Jurnal Pendidikan
Guru Sekolah Dasar 6:91–102.
Fauziah, Sitti. 2013. “Kemampuan Membaca Pemahaman Literal Dan Interpretatif Melalui Pendekatan
Konstruktivisme.” 6(2).
Gazali, Erniza. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Reading Guide Pada Mata
Pelajaran Pai Kelas IV Sdn 018 Rambah Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu Tahun
Pelajaran 2016/2017.” Jurnal Pendidikan Rokania I(2):1–8.
Lutfi, Khairul. 2016. “UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN
MENERAPKAN MODEL READING GUIDE BERBASIS PAIKEM BAGI PESERTA DIDIK
KELAS II.B SEMESTER DUA TAHUN 2015/2016 DI SD NEGERI MODEL MATARAM.”
Jurnal Ilmiah Mandala Education 2(2):78–86.
Salam. 2018. Membaca Komprehensif : Strategi Pemahaman Bacaan. Gorontalo: Ideas Publishing.
sutomo, moh. n.d. “PENERAPAN READING GUIDE DALAM PEMBELAJARAN DI
MADRASAH.” Jurnal Auladuna 134–49.
Wahyudi, Subur. 2020. “Penggunaan Strategi Pembelajaran Reading Guide Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VII A.” Jurnal Pendidikan
Empirisme 1.

Published
2023-06-30
How to Cite
Susilawati, S. (2023). Penerapan Metode Reading Guide Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 13-25. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v6i1.674
Section
Articles