Implementasi Metode Global dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa SLB
Abstract
Penggunaan metode Global memberikan pengalaman pembelajaran yag lebih efektif untuk
meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak SD. Studi ini bertujuan untuk menganalisis
kemampuan siswa SD dalam meningkatkan kualitas membaca dengan menggunakan metode global.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh
hasil tes kemampuan peserta didik dalam mengerjakan tes membaca permulaan. Sedangkan data
kualitatif diperoleh dari hasil pengamatan dalam proses pembelajaran berlangsung, berupa situasi,
kondisi, dan keadaan peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik dengan
gangguan intelektual kelas IV SLB C Kembar Karya Pembangunan 3 dan peneliti kelas. Hasil
penelitian ini bahwa metode Global mampu memberikan motivasi untuk peserta didik dalam hal
membaca permulaan, hal ini terlihat dari antusias peserta didik saat belajar di kelas. Berdasarkan
keterangan diatas jelas terlihat bahwa metode Global yang telah dimodifikasi ini mampu meningkatkan
kemampuan membaca permulaan peserta didik, hal ini terlihat dari meningkatnya nilai kemampuan
membaca permulaan sesuai target yang diinginkan.
Downloads
References
Depdiknas. 2000. Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Jakarta: Depdiknas Dirjen
Dikdasmen.
Departemen Penddikan dan Kebudayaan. 1997. Orthopedagogi Keunagrahitaan Materi pelatihan konversi in
Service Peneliti SLB-C. (Jakarta:Depdikbud)
Diagnostic and Stastistical Manual of Mental Disorder, DSM-5. (American Psychiatric Association:2013). h.20
Dyah Wahyuning. Penerapan Metode Membaca Global Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Mata
Pelajaran bahasa Indonesia Pada Peserta didik Kelas I Sdn 01 Semboro Kabupaten Jember. Diakses dari
http://id.portalgaruda.org/ ©Pancaran, Vol. 4, No. 4, hal 59-68, Nopember 2015, pada tanggal
27 Agustus 1016 pukul 09.31 WIB.
Farida Rahim. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Hamdani. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam.
Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.
Kemis dan Ati rosnawati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta: Luxima.
M. Shodig. 2009. Pendidikan Bagi Anak Dyslexia. Jakarta: Depdikbud.
Malinda Siswani. 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode Kupas
Rangkai Suku Kata pada Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas III SDLB-C Dian Kahuripan, Skripsi
Jakarta: UNJ, PLB.
Martini Jamaris. 2009. Kesulitan Belajar.Jakarta: Yayasan Penamas.
Mega Iswari. 2007. Kecakapan Hidup bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.
Mulyono Abdurrahman. 2001. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mohammad Efendi. 2008. Pengantar Psikopedagogik Peserta Didik Berkelainan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Muhlisin, Usada, dan Djaelani. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Metode
Global Berbasis Media Audio Visual. Diakses dari http://id.portalgaruda.org/ pada tanggal 27
Agustus 2016 pukul 14.41 WIB.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Soedarso. 2005. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sutjihati Soemantri. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refikka Aditama.Implementasi Metode Global dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa SLB
12
Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6 (1) 2023 1 – 12
Widijastuti, Try Riduwan Santoso
Tampubolon Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan.
Jakarta: Erlangga.
Wahyu Sri Ambar Arum. 2005. Perspektif Pendidikan Luar Biasa dan Implikasinya Bagi Penyiapan Tenaga
Kependidikan. Jakarta: Depdiknas.
You Wahyu. 2012. Ciri-ciri Karakteristik Anak Tunagrahita Ringan. Diakses dari
http;//www.zimbio.com pada 7 Februari 2017
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.