Pengembangan Bahan Ajar Media Interaktif Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Aprokmasi dan Sifat Segibanyak

  • Farikha Asmainnisah UIN Walisongo Semarang, Indonesia
  • Khelimatun Nafiah UIN Walisongo Semarang, Indonesia
  • Dewi Arum Setiawati UIN Walisongo Semarang, Indonesia
  • Muh Syauqi Malik UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Keywords: Bahan Ajar, Discovery Learning, Media Interaktif, Segi Banyak

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan siswa bermain gadget yang merupakan dampak dari pandemi. Hal ini menyebabkan minat belajar siswa menurun sehingga memotivasi para pendidik untuk mengembangkan bahan ajar digital. Penelitian ini bertujuan untuk membantu para pendidik mengembangkan bahan ajar berbasis digital yang dapat melatih siswa berpikir kritis melalui pendekatan Discovery Learning. Bahan ajar yang dikembangkan berupa media interaktif berbasis pendekatan Discovery Learning pada materi aprokmasi dan sifat-sifat segi banyak di Kelas IV. Bahan ajar ini memuat latihan-latihan berbasis HOTS untuk melatih berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu Hannafin And Peck yang meliputi analisis kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana, N. Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), Art. 1. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), Art. 2. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919
Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), Art. 1. https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25
Laknasa, D. P. A., Abdullah, A. W., Pauweni, K. A. Y., Usman, K., & Kaluku, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Discovery Learning. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 9(2), Art. 2. https://doi.org/10.34312/euler.v9i2.11100
Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublish.
Malik, M. S., & Maemunah, M. (2020). Kemampuan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dasar (Studi Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 7-12 Tahun di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Tajungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati). JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 6(2), Art. 2.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa', 13(1), 340203. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin Dan Peck. POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 1(1). https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/article/view/204
Rosadi, N. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV A SDN Urangagung Sidoarjo Dalam Menyelesaikan Soal Pembulatan Dan Penaksiran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/531/
Sinambela, P. N. J. M. (2017). Kurikulum 2013 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. GENERASI KAMPUS, 6(2), Art. 2. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085
Surbakti, E. B. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Penaksiran Dan Pembulatan Siswa Kelas IV SD Negeri 057198 PSR VIII Namu Trasi Tahun Ajaran 2019/2020 [Skripsi, UNIVERSITAS QUALITY]. http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/1024/
Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), Art. 1. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i1.341
Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), Art. 2. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272
Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), Art. 1. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92
Yusuf, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Media Ict Berbasis Android Pada Materi Segi Banyak Beraturan Dan Segi Banyak Tidak Beraturan Dengan Model Discovery Learning Pada Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 5(2), Art. 2.

DOI:
Published
2022-12-28
How to Cite
Asmainnisah, F., Nafiah, K., Setiawati, D., & Malik, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Media Interaktif Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Aprokmasi dan Sifat Segibanyak. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 64-73. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/575
Section
Articles