Konsep Integrasi Ilmu Ke-MI-an dengan Ilmu Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep integrasi ilmu ke-MI-an dengan ilmu islam yang ada disekolah. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan atau library research, dimana peneliti membaca, mencatat kemudian meninjau literatur atau bahan bacaan yang telah diperoleh dan dianggap relevan dengan pokok kajian penelitian sebelum menunangkannya secara teoritis dalam kerangka pikiran. Buku, artikel jurnal, dan prosiding yang tercantum dalam daftar pustaka digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implemetasi tentang konsep integrasi ilmu di MI dengan imlu islam adalah memadukan ilmu-ilmu seperti ilmu agama dan ilmu umum bertujuan untuk mencipatkan peserta didik agar mampum bertahan dan tangguh menghadapi perkembangan zaman. Upaya ini dilaskan berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah, sehingga akan menajdi generasi emas yang memiliki karakter religious, berbudi pekerti, berilmu, memiliki keterampilan dalam penguasaan IPTEK sesuai dengan tuntutan zaman
Downloads
References
Abi, A. R. (2017). Paradigma Membangun Genenrasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2 (2): 85-90.
B.C . (2016). Ilmu-Ilmu Umum dan Ilmu-Ilmu Keislaman (Suatu Upaya Integrasi). Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5 (1): 209-222.
Hanum, R. (2019). Integrasi Ilmu dalam Kurikulum Sekolah Islam Terpadu di Aceh. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8 (1): 40--55.
Hidayat, F. (2015). pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu: Harmonisasi Islam dan Sains dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 4 (2): 299-318.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045. Jakarta: Kemendibud.
Kurniawan, S. (2019). Perspektif Umat Islam tentang Agama dan Ilmu Pengethauan. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 19 (1): 145-166.
Lestari, S. (2020). Pendidikan Sebagai Pembentukan Masa Depan Dunia. Cet-1. Yogyakarta: CV. Timur Barat.
Manullang, B. (2013). Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, 3 (1): 1-14.
Miftahuddin. (2021). Model-model Integrasi Ilmu Pengetahuan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Yogyakarta: Diandra Kreatif.
Ni'mah, Z. A. (2016). Formulasi Model Pengembangan Pendidikan Islam: Kajian Integrasi Madrasah, Sekolah, dan Perguruan Tinggi dengan Pesantren. Didaktika Religia, 4 (1): 209-239.
Nufadhilah. (2019). Analisis Pendidikan Karakter dalam Mempersipakan Pubertas Menuju Generasi Emas Indonesia 2045. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 10 (1): 85-100.
Nurlena Rifa'i, dkk. (2014). Integrasi Keilmuan dalam Pengembangan Kurikulum di UIN se Indonesia. Jurnal Tarbiya, 3 (1)
Patimah. (2015). Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2 (1).
Rahamdhantika Mustika Sari, dkk. (2020). Implementasi Integrasi Ilmu Interdisipliner dan Multidisipliner: Studi Kasus di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Prosiding konferensi integrasi interkoneksi islam dan sains, 2.
Rernanto, A. (2017). Integrasi Keilmuan dalam Pendidikan Islam. Elementary, 5 (2): 232-250.
Saifuddin. (2020). Integrasi Ilmu Agama dan Sains: Studi Penulisan Skripsi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, 21 (1); 78-90
Suprayono, Imam. (2006). Paradigma Pengembangan Keilmuan Perpektif UIN Malang. Malang: UIN Malang Press; 5.
Wardoyo, S. M. (2015). Pendidikan Karakter: Membangun Jatidiri Bangsa Menuju Generasi Emas 2045 yang Reigius. Tadris, 10 (1): 90-103.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.