Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar

  • Ghina Amalia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Lu’luil Maknun Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Keywords: Peran guru, upaya motivasi belajar, faktor-faktor motivasi

Abstract

Peran guru sangat penting dalam proses pembelajaran yaitu sebagai motivator peserta didik. Guru tidak hanya sebagai motivator saja, namun sebagai fasilitator dalam bentuk pelayanan guna memberikan kemudahan peserta didik pada kegiatan pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk memaksimalkan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa madrasah ibtidaiyah/sekolah dasar. Guru memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap pendidikan dalam upaya keberhasilan belajar para peserta didiknya. Dalam penulisan artikel ini, dilakukan dengan menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review) atau disebut sebagai serangkaian yang berkenaan dalam pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, dan mengelola suatu bahan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menulusuri berbagai referensi jurnal nasional maupun internasional yang relevan terhadap peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa madrasah ibtidaiyah/sekolah dasar. Hasil artikel ini menyajikan 4 topik bahasan, yaitu peran guru sebagai motivator, pengertian motivasi, upaya meningkatkan motivasi belajar, faktor pendukung dan faktor penghambat motivasi. Berdasarkan hasil kajian ini, penulis menyimpukan bahwa menurunya motivasi belajar peserta didik akibat pandemi Covid-19 sehingga guru harus mendorong motivasi belajar anak didiknya agar bersemangat dalam melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah walaupun tatap muka dilakukan secara bergantian antar siswa atau kelas bahkan sampai dalam jaringan (daring). Hasil kajian penelitian ini, guru mampu memberikan suatu upaya bentuk meningkatkan motivasi belajar, yang didalamnya memuat prestasi akademik dan keterampilan peserta didik pada masa Covid-19, sehingga peran guru dapat dioptimalisasikan selama proses pembelajaran berlangsung pada masa Covid-19. Peran guru sebagai motivator diharapkan mampu membangkitkan semangat belajar peserta didik yang dilakukan dengan segala keterbatasan dalam belajar, namun harus tetap mencapai  kemaksimalan suatu proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfansyur, Andarusni. 2019. “Pemanfaatan Media Berbasis Ici ‘Kahoot’ Dalam Pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Motivasi.” Jurnal Bhineka Tunggal Ika 6(2):208–16.
Darmadi, Hamid. 2015. “Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.” Jurnal Edukasi 13(2):161–74.
Emda, Amna. 2018. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 5(2):172–82. doi: 10.22373/lj.v5i2.2838.
Eriany, Praharesti, Lucia Hernawati, and Haryo Goeritno. 2014. “Studi Deskriptif Mengenai Faktor-Faktor Yang Bimbingan Belajar Pada Siswa Smp Di Semarang.” Psikodimensia 13(1):115–30.
Ernata, Yusvidha. 2017. “Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di SDN Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD 5(September):781–90.
Hendrik Lempe Tasaik, Patma Tuasikal. 1907. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi.” Journal Pendidikan Ke-SD-An 14(1):45–55.
Hm, Munawar. 2019. “The Application of STAD-Cooperative Learning Model : Efforts to Increase Motivation and Learning Outcomes of Students in Class 5 SD N 07 Ledok Salatiga in Mathematics Subjecth in Folding Symmetry and Rotating Symmetry Topics.” Jurnal Kajian Pendidikan Islam 11(2):114–35.
Idzhar, Ahmad. 2016. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Office 2(2):224–28.
Jannah, Saniatu Nisail, and Uep Tatang Sontani. 2018. “Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3(1):63–70. doi: 10.17509/jpm.v3i1.9457.
Juliya, Mira, and Yusuf Tri Herlambang. 2021. “Analisis Problematika Pembelajaran Daring Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Genta Mulia XII(1):281–94.
Juminah, & Sugiyo, and Awalya. 2019. “Information on Advanced Study Assisted by Adobe Flash Media to Increase Motivation for Advanced Studies.” Jurnal Bimbingan Konseling 8(1):67–73.
Kirom, Askhabul. 2017. “Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Bebasis Multikultural.” Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(1):69–80.
Madya, Widyaiswara Ahli. 2017. “Guru Profesional.” Al-Falah XVII(32):274–85. doi: 10.47732/alfalahjikk.v17i2.26.
Maria Cleopatra. 2015. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Beajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Jurnal Formatif 5(2):168–81.
Marwa, Munirah, Andi Dian Angriani, Suharti, A. Sriyanti, and Rosdiana. 2020. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas Iv Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Dasar Ilslam 7(2):215–27. doi: 10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a10.2020.
Muh. Zein. 2016. “Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 5(2):274–85.
Nasution, Mardiah Kalsum. 2017. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” 11(1):9–16.
Oktiani, Ifni. 2017. “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Kependidikan 5(2):216–32. doi: 10.24090/jk.v5i2.1939.
Prasetyo, Teguh, Endin Mujahidin, Rasmitadila, and Aprillia Kumala Yuani. 2021. “Implementasi Metode Home Visit Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Pada Masa Pandemik Covid-19.” JURNAL ABDIDAS 2(4):894–902.
Rahmayanti, Vina. 2016. “Pengaruh Minat Belajar Siswa Dan Presepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Bahasa Indonesia SMP Di Depok.” Jurnal SAP 1(2):206–16.
Ratnawati, and Mir’atul Hasanah. 2021. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19.” PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi 1(1):60–69.
Saumi, Nafisah Nor, Murtono, and Erik Aditia Ismaya. 2021. “Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19.” 7(1):149–55. doi: 10.31949/educatio.v7i1.892.
Simbolon, Naeklan. 2014. “Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik.” Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed 1(2):14–19.
Sundari, Faulina. 2017. “Peran Guru Sebagai Pembelajar Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD.” Prosiding Diskusi Panel Pendidikan (April):60–76.
Suprihatin, Siti. 2015. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 3(1):73–82.
Tampubolon, Manner. 2016. “Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Journal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan 1(1):100–118.
Winarsieh, Indah, and Itsni Putri Rizqiyah. 2020. “Peranan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.” Indonesia Journal of Teacher Education 1(1):159–64.
Yuniar Mujiwati. 2020. Serba-Serbi Wawasan Kebangsaan. edited by Mz Arifin SM. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Onstitute.

DOI:
Published
2022-06-30
How to Cite
Amalia, G., & Maknun, L. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 21-36. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/465
Section
Articles