Profil Perkembangan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 02 Sastrodirjan

  • Ikhsanul Amaliah Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Rahmat Rais Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Siti Fatonah Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
Keywords: Profil Perkembangan, Kemampuan Membaca Permulaan

Abstract

Berdasarkan latar belakang pada penelitian ini terdapat masalah terhadap kemampuan membaca permulaan siswa yang masih mengeja huruf dan belum digunakannya model dan media pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 02 Sastrodirjan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunkaan teknik yang terdiri dari wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi atau gabungan. Teknik analisis data dala penelitian ini menggunakan redaksi data, penyajian data, dan Verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkambangan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 02 Sastrodirjan masih rendah yang disebabkan salah satunya oleh faktor kurangnya perhatian orang tua. Dalam mengatasi masalah ini, guru perlu menggunakan model dan media pembelajaran dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417
Herlina, E. S., Agama, I., Negeri, K., & Tarutung, I. (n.d.). P-issn : 2549-3043 e-issn : 2655-3201. 5.
Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069
Puspita, A., & Sari, D. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Bahrul Ulum Surabaya. 3(2), 153–162.
Suharsimi Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

DOI:
Published
2022-06-30
How to Cite
Amaliah, I., Rais, R., & Fatonah, S. (2022). Profil Perkembangan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 02 Sastrodirjan. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 8-13. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/463
Section
Articles