Teori Belajar Erickson Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III di SD Muhammadiyah 2 Manado
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan kuesioner, yang subjeknya berupa pendidik dan peserta didik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif dalam pembelajaran mampu membuat peserta didik lebih aktif, membangkitkan kerjasama, mengemukakan pendapat dan memberi kesempatan bertanya sehingga peserta didik merasa termotivasi untuk melaksankan pembelajaran disekolah dan dibuktikan dengan hasil sebagai berikut: Aktivitas/Motivasi Siswa 64,28% dan setelah menggunakan model kooperatif menjadi 92,85%, dan Rata-rata ketuntasan belajar sebelum menggunakan model kooperatif 70,71, setelah menggunakan model kooperatif 95,71 dan ketuntasan klasikal sebelum menggunakan model kooperatif 64,28% setelah menggunakan model kooperatif mencapai 92,85% dari data tersebut menunjukan bahwa penggunaan model kooperatif mampu meningkatkan motivasi peserta didik.
Downloads
References
Krismawati Yeni, (oktober, 2014) Teori Psikologi Perkembangan Erick Erickson dan Manfaatnya Bagi Tugas Pendidikan Kristen Dewasa Ini. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, Vol 2, No 1.
Lase Sadiane, (April 2018) Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengembangan Sikap pada tugas Akademik. Jurnal warta;Ed 48.
Rosyidin Ummi, (Desember 2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP , Vol 1, No 2.
Sjafeti Irna, (2017) Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengembangan Sikap Pada Tugas Akademik. Jurnal Educate, Vol 2, No 1.
Sulistyo Ignatius, (2016) Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajarn Kooperatif Pada Pelajaran PKN. Jurnal Studi Sosial, Vol 4, No 1.
Oktaria Renti, (Juli 2016) Implementasi Pendekatan Pembelajaran Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal NIZHAM, Vol 01, No 02.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.