Pemanfaatan Penggunaan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Media Pendukung Pembelajaran IPA di MI/SD
Abstract
Lingkungan alam merupakan salah satu ciri yang dikembangkan di sekolah sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional. Maka dari itu, materi dasar pembahasan kepedulian lingkungan terdapat dalaam kurikulum penedidikan, tersaji pada komponen materi pembelajaran di bidang studi IPA tiap jenjang Pendidikan. Pembelajaran pada pada kelas sering dipercaya menjadi hal yg membosankan, hal ini adalah galat satu penyebab rendahnyamotivasi & rendahnya output belajar bagi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut,peneliti memanfaatkan lingkungan alam sekitar menjadi media pendukung guna menaikkan hasil belajar siswa. Dengan harapan dari pembelajaran berbasis lingkungan dapat lebih menysukuri karunia Tuhan atas alam semesta ini, dengan cara selalu menjaga, memanfatakan, serta melestarikan untuk generasi penerus. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk meningkatnya motivasi belajar siswa, siswa lebih inovatif dan kreatif, dapat mengetahui bagaimana proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dalam memanfaatkan lingkungan sekitar, menjaga dan melestarikan kekayaan alam sekitar, guna untuk kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang. Pada Penelitian ini menggunakan metode Kajian Pustaka dengan berbagai sumber rujukan yang berfokuskan pada siswa untuk mengenal lingkungan setikar dalam pembelajaran IPA. Hasil Penelitian ini Pemanfaatan Penggunaan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Media Pendukung Pembelajaran IPA berperan penting dalam KBM terbukti siswa lebih memahami materi secara fakta dan hasil belajar lebih maksimal.
Downloads
References
Astuti, Yeni Puji. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Group Investigation Dengan Advance Organizer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Siswa Smp.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(2): 83–90. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf.
Bahij, Azmi Al, Apri Utami Parta Santi, and Dyah Ayu Prastiwi. 2018. “Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Media Ajar Di Sekolah Dasar Negeri 2 Sirah Pulo Padang.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi: Hal: 89-106.
Bodzin, Alec M., Beth Shiner Klein Starlin Weaver Editors. 2010. The Inclusion of Environmental Education in Science Teacher Education. 2010th ed. ed. Alec M. Beth Shiner Klein Bodzin. Springer.
Drs. Suriansyah Amad, M.PD., Ph.D. 2011. “Landasan Pendidikan.” : 2.
Efendi, Muhammad, Universitas Lambung Mangkurat, and Pengaruh Pendidikan. 2021. “Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran.” (March 2013).
Erviana, Lina. 2015. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sebagai Sarana Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di SMP-It Ar Rahmah Pacitan.” Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar 7(2): 71–77. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/936.
Hariandi, Ahmad, and Yanda Irawan. 2016. “Peran Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter Religius Di Lingkungan Sekolah Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 1(1): 176–89.
Hartono, Rudi et al. 2009. “Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk SMA Kelas X.” Buku Pegangan 1(1): 100.
Hayati, Noveri Amal J H & Eti. 1967. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Dan Teknologi Informasi.
Hendarwati, Endah. 2013. “Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN I Sribit Delanggu Pada Pelajaran IPS.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 2(1): 59.
Ifrianti, Syofnidah, and Yesti Emilia. 2016. “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iii Min 10 Bandar Lampung.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 3: 1–2.
Khafid, Mohammad Abdul, Lukman Hakim, and Imam Mahmudi. 2019. “Optimalisasi Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Alternatif Laboratorium IPA.” Science Education and Application Journal 1(2): 74.
Khusniati, M. 2014. “Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika.” Jurnal Penelitian 10(1): 204–10.
Kumala, Farida Nur. 2016. Pembelajaran IPA SD. 2016th ed. ed. Farida Nur Kumala. Malang: Ediide Infografika.
Kusumaningrum, Diana. 2018. “LITERASI LINGKUNGAN DALAM KURIKULUM 2013 DAN PEMBELAJARAN IPA DI SD Diana.” 01: 57–64.
Lamasai, Muzria M, Mestawaty As A, and Ritman Ishak Puadi. 2017. “Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 10 Gadung.” Jurnal Kreatif Tadulako 5(3): 132–44.
Meri, Veronika. 2014. “Pembelajaran Ipa Menggunakan Media.” 5(1): 26–33.
Muhamad Afandi, Rosa Fadhilah Sari, and Kms. Mas’ud Ali. 2020. “Pengaruh Pemanfaatan Media Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah.” JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School 1(2): 73–82.
Mulyadi, Budi. 2020. “ENIS Model of Environmental Education for Elementary School Students in Japan.” E3S Web of Conferences 202.
Nurzaelani, Mohammad Muhyidin. 2017. “PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP.” 6(1): 45–68.
Otto, Siegmar, and Pamela Pensini. 2017. “Nature-Based Environmental Education of Children: Environmental Knowledge and Connectedness to Nature, Together, Are Related to Ecological Behaviour.” Global Environmental Change 47(December 2016): 88–94. http://dx.doi.org/10.1016/j.gloenvcha.2017.09.009.
Pepatudzu, Jurnal Pendidikan, Media Pendidikan, and Sosial Kemasyarakatan. 2019. “Vol. 15, No. 1, Mei 2019.” 15(1): 1–7.
Pratiwi, Pujiastuti. 2009. “PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.: 5–24.
Ramli, M. 2015. “HAKIKAT PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK M. Ramli.” 5(20): 61–85.
Ramli, Muhammad. 2012. “Media Teknlogi Pembelajaran.” IAIN Antasari Press: 1–3.
Selvi. 2013. “Peran Guru Dalam Ppembelajaran IPA Berdasarkan Kurikulum 2013.” Pensa E-Jurnal 3(02): 1–12.
Sitangggang, Netty Demak H, and Niken Hermawati. 2015. “Peningkatan Motivasi Belajar Tumbuhan Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(3): 207–22.
STAIN, Sulthon. 2016. “PEMBELAJARAN IPA YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN BAGI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI).” ELEMENTARY Vol. 4 No.(Mi): 44.
Tantu, Suaedi Hammado. 2016. 1 IPB Press Pendidikan Lingkungan Hidup.
Utaminingsih, Retno. 2015. “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Laboratorium Alam Pada Pembelajaran IPA SD.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 2(1): 215–20.
Widi Eli, Laksmi Evasufi Widi Fajari. 2020. “Penerapan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar ( PLAS ) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 3(1): 58–66.
Wiryono. 2013. “Pengantar Ilmu Lingkungan (3th Ed.).” (November).
Yestiani, Dea Kiki, Nabila Zahwa, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. “PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN.” 4: 41–47.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.