Hubungan Efektivitas Pembelajaran Sistem Guru Keliling dengan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid 19
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya perubahan sistem pembelajaran sebagai dampak dari adanya pandemi Covid 19. Pembelajaran di SD Dharma Ibu dilakukan dengan menerapkan sistem guru keliling. Sistem guru keliling ini salah satu pembelajaran luar jaringan yang dalam pelaksanaannya yang sama sekali tidak terhubung jaringan network. Dengan diterapkannya sistem guru keliling, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini didasari atas suatu asumsi bahwa munculnya motivasi belajar yang tinggi ditentukan oleh proses pembelajaran yang efektif. Sementara itu proses pembelajaran yang efektif bergantung dari situasi lingkungan yang kondusif serta sistem pembelajaran yang dipilih. Metode penelitian menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian menggunakan prohability sampling yaitu dengan memberikan peluang yang sama untuk seluruh siswa kelas IV. Data dikumpulkan menggunakan teknik angket yang sebelumnya sudah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitasnya. Sedangkan untuk analisis data, menggunakan teknik korelasi Product-Moment yang teknik perhitungannya menggunakan program Kolmogorov-Smirnov SPSS versi 26. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1) efektivitas pembelajaran sistem guru keliling dalam pembelajaran di masa pandemi covid 19 berada pada kategori tinggi dengan presentase 66,7% dan hasil rata-rata jawaban sebesar 66; 2) motivasi belajar siswa di kelas IV SD Dharma Ibu di masa pandemi covid 19 berada pada kategori tinggi dengan presentase 53,2% dan hasil rata-rata jawaban sebesar 78,22; 3) hubungan efektivitas pembelajaran menggunakan sistem guru keliling dengan motivasi belajar siswa di kelas IV SD Dharma Ibu memperoleh hasil 0,652 yang berada pada kategori tinggi.
Downloads
References
Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar Terhadap Presatsi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA.
Limbong T., &. S. (t.thn.). Menemukan Mata Kuliah yang Efektif Belajar Daring (Belajar dan Ujian) dengan Metode Multi-Attribute Utility Theory (MAUT). Resti, Vol.4, No.2, 370-376.
Lubis, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Grasha-Riechman Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasi.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.