Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VI di SDN 02 Tarantang

  • Revina Junia Putri STAI Al-Hikmah Pariangan Batusangkar, Indonesia
  • Adam Mudinillah STAI Al-Hikmah Pariangan Batusangkar, Indonesia
Keywords: Aplikasi Canva, IPS, Tarantang

Abstract

Khusus di SD-SMP-SMA/SMK pembelajaran ilmu pengetahuan sosial ini adalah pelajaran  yang harus ada ikut masing-masing tingkatan pendidikan. Pendidikan ilmu pengetahuan sosial adalah suatu bentuk sederhana atau olahan dari pengetahuan sosial dan humanisme, dan juga suatu bentuk tindakan dasar manusia yang di wadahi dan di sampaikan secara faktual dan psikologis atau pedagogi untuk tujuan pendidikan.Untuk pelajaran IPS ini pasti sudah banyak yang megetahuinya bahwa pelajaran ini membahas tentang materi hafalan yang mana sering kali dapat mambuat siswa merasa bosan. Maka dari itu akan lebih baik dan menarik jika untuk pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas vi tema sub tema 2 pembelajaran 1 di sdn 02 tarantang menngunakan aplikasi Canva. Pada masa pendemi Covid 19 ini sangat banyak mendatangkan perubahan baru didalam kehidupan manusia pada saat ini termaksud dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan penelitian yang di modifikasi menjadi empat tingkat sebagai berikut kajian awalan, pengenalan entitas, pembuatan produksi, dan percobaan. Belajar dengan menggunakan yang namanya tidak tatap muka atau daring adalah suatu bentuk hal baru didalam dunia pendidikan maupun bagi mahasisswa diperguruan tinggi di Indonesia,  khususnya bagi mahasiswa untuk dapat menyesuaikan dengan keperluan atau kebutuhan pengajaran di kelas seperti, membuat sebuah video presentase yang menarik. Oleh karena  itu, untuk memenuhi kebutuhan tersebut pendidik bisa menggunakan aplikasi canva. Penggunaan aplikasi canva untuk pembelajaran pada ilmu pengetahuan sosial mendukung untuk  meningkatkan ketertarikan siswa dalam proses belajar, salah satu aplikasi yang naik daun yaitu canva yang banyak di gunakan, aplikasi tersebut berukuran kurang lebih 24 MB dan dapat di download dengan gratis tetapi memang ada beberapa vitur di dalamnya yang tidak tersedia dengan gratis. Meskipun demikian, aplikasi tersebut tetap worth it digunakan editor media pembelajaran online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Syukur, I. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 200. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.138
Bahri, S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57–76. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.57-76
Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., Susilowaty, R. A., Farmasi, J., Matematika, F., Alam, P., & Cenderawasih, U. (2021). Jurnal Ilmiah Pro Guru , Vol . 7 No . 1 , Januari 2021 ISSN : 2442 – 2525 , E _ ISSN : 2721-7906 PELATIHAN PEMBUATAN MATERI PRESENTASI DAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA KEPADA GURU DI KOTA MEDAN DAN JAYAPURA SECARA ONLINE Jurnal Ilmiah Pro. 7(1), 1–10.
Farmawati, E., Ramli, A., & Rahmatullah, R. (2018). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Ekonomi Pada Sma Negeri Di Kota Makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2), 23. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i2.7267
Fitria, V. A., Habibi, A. R., Hakim, L., & Islamiyah, M. (2021). Using Canva to Support Online Learning Media for Students at Mahardika Karangploso Vocational School in Malang during the Pandemic Pemanfaatan Canva untuk Mendukung Media Pembelajaran Online Siswa Siswi SMK Mahardika Karangploso Malang di Masa Pandemi. 1(2), 75–82.
Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020 PEMANFAATAN, 8(2), 79–96.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
Imron, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Min Kudus. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(2), 152–163. https://doi.org/10.47387/jira.v2i2.81
Işman, A. (2011). Instructional design in education: New model. Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(1), 136–142.
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.
Nasrullah, M., Ilmawati, I., Saleh, S., Niswaty, R., & Salam, R. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Ad’ministrare, 5(1), 1–6.
Nurhisam, L. (2017). Sebagai Solusi Dekadensi Moral Anak.
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Pratiwi, D., Santoso, G. B., Mardianto, I., Sediyono, A., & Rochman, A. (2020). Pengelolaan Konten Web Menggunakan Wordpress , Canva dan Photoshop untuk Guru-Guru Wilayah Jakarta Web Content Management Using Wordpress , Canva and Photoshop for Teachers of the Jakarta Region. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 12.
Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM) Vol., 1(1), 42–51.
Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 165–178. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4292
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Resmini’, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Sliwangi, 04(02), 335–343.
Rokhayani, A., & Utari, A. R. P. (2014). the Use of Comic Strips As an English Teaching Media. LANGUAGE CIRCLE Journal of Language and Literature, VIII(April), 143–149.
Rusdiana, R. Y., Putri, W. K., & Sari, V. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso.
Santi, I. N., & Mubaraq, R. (2020). Pelatihan Membuat Logo Usaha Training Makes a Business Logo. 8(November), 41–45.
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452
Tahun, B. J., Kalor, P., Sd, D. I., Melinda, T., & Saputra, E. R. (2021). Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA MATERI. 5(2), 96–101.
Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417
Triningsih, diah erna. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667.Selama
Wicaksana, E. J., Atmadja, P., & Asmira, Y. (2020). Pengembangan Poster Kesehatan Reproduksi Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Canva pada Usia Remaja Sekolah di SMA. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 160. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.215
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Published
2021-12-23
How to Cite
Putri, R., & Mudinillah, A. (2021). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VI di SDN 02 Tarantang. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 65-85. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v4i2.377
Section
Articles