Analisis ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, pembelajaran IPS, pembelajaran Matematika, pembelajaran IPA, pembelajaran PKN.

  • Anggy Giri Prawiyogi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Teten Ginanjar Rahayu Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia
  • rahman rahman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rizal Saepulloh Herawan Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Adi Pauji Pitriadi Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yang dilakukan oleh guru sekolah dasar pada mata pelajaran IPS, Matematika, IPA, dan PKN.  Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Jenis data dalam penelitian ini merupakan artikel-artikel hasil penelitian  yang dilakukan oleh guru sekolah dasar berkaitan dengan implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPS, Matematika, IPA, dan PKN. Adapun artikel hasil penelitian yang dijadikan merupakan artikel hasil penelitian yang terbit pada tahun 2015 sampai dengan tahun 2020. Dari hasil analisis yang dilakukan ditemukan bahwa model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran IPS, Matematika, IPA, dan PKN. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar pada pembelajaran IPS, Matematika, IPA, dan PKN.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmara, Dedi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction) Volume 3, Nomor 1, Juni 2020 e-ISSN : 2614-8617 p-ISSN : 2620-7346. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/1286
Dwijayani, Rizki, dkk. (2018). Peningkatan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas III SD Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran PKN. Jurnal KALAM CENDEKIA, Volume 6, Nomor 4.1, h16 – 23. https://core.ac.uk/download/pdf/296346578.pdf
Elyawati. (2018) Penerapan Model Pembeajaran Kooperatif Tife Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri Cikijing III Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka. Jurnal: Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 4 No.1 Edisi Januari 2018 e-ISSN: 2579-4442. http://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/714
Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ismiyanti , Yulina. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Media Visual di Kelas IV SDN 02 Temulus. Jurnal: Jurnal Ilmiah “PENDIDIKAN DASAR” Vol. III No. 1 Januari 2016. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/download/724/603
Kristin, F. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2 (1). 26. Kristin, F. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6 (2): 74-79.
Kristin, F. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Refleksi Edukatika 8 (2) (2018) p-ISSN: 2087-9385 e-ISSN: 2528-696X Diakses di linkhttp://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Melinda, Vina, dan Melva Zaini. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tembusai: Volume 4 Nomor 2 Tahun 2020 SSN: 2614-6754 (print) ISSN: 2614-3097(online) Halaman 1526-1539

Nurdyansyah dan Eni Fariyatul Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center
Nawawi. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal: PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 1, Nomor 1, Agustus 2019; 83-95. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Pontoh, Hanafi, dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SD Inpres Salabenda Kecamatan Bunta. Jurnal: Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 11. ISSN 2354-614X. https://media.neliti.com/media/publications/120966-ID-penerapan-model pembelajaran-jigsaw-untu.pdf
Rahman. (2019). Model Mengajar & Bahan Pembelajaran. Sumedang: Alqaprint Jatinangor
Riadin, Agung dan Cici Liani Fitriani. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. (2018). Jurnal: Pedagogik Jurnal Pendidikan, Oktober 2018, Volume 13 No 2 (1-5). http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/861
Suparni, Nurul. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Skripsi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG 2017. http://digilib.unila.ac.id/26829/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

Published
2021-06-26
How to Cite
Prawiyogi, A., Rahayu, T., rahman, rahman, Herawan, R., & Pitriadi, A. (2021). Analisis ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35-42. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v4i1.310
Section
Articles