A EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTILITERASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR

  • ari metalin ika puspita STKIP PGRI Trenggalek
Keywords: Literasi, Menulis Kreatif, Model Pembelajaran.

Abstract

Tujuan Penelitian untuk mengetahui efektivitas penggunaaan model pembelajaran berbasis literasi untiuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantatif dengan model quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dipilih sebagai anggota sampel. Teknik pengumpalan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji komparasi.  Berdasarkan hasil uji komparasi menunjukkan bahwa ada perbedaan keterampilan menulis kreatif antara siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis literasi dan siswa yang tidak menggunkaan model pembelajaran berbasis literasi,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Anderson B. (2000). Doppler assessment of left ventricular diastolic function.“ Echocardiography: the normal examination and echocardiographic measurements. First Edition. Queensland: MGA graphics.
Bayraktara, A. (2012) Teaching writing through teacher-student writing conferences. Procedia - Social and Behavioral Sciences 51 ( 2012 ) 709 – 713.
Bell-Gredler, Margaret E. (1986). Learning and Instruction: Theory into Practice. New York: Mac Millan Publishing Company.
Borg, M. & Gall, D. (1983). Educational Research an Intruduction (fourth edition). Newyork & London: Longman.
Calkins, L.M. (1986). The Art of Teaching Writing. New York:Hampsiher Heinemann
Darwis, dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta
Fang, Z. (2005). Scientific Literacy: A Systemic Functional Linguistics Perspective. Sci Ed. 89, 335– 347.
Komariyah, N. (2016). Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menulis Puisi Dengan Metode “Conference Writing “ Pada Siswa Kelas VIIB Semester Genap Smp Negeri 2 Asembagus Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2012/2013 Jurnal Pancaran Pendidikan Vol 5 No 2 (2016)
Kalantzis, M., Cope, B., & Harvey, A. 2003. Assessing multiliteracies and the new basics. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 10, 15 –26. doi:10.1080/09695940301692
Leander, K. M., & Boldt, G. 2013. Rereading “A pedagogy of multiliteracies: Texts, identities, and futures. Journal of Literacy Research, 45, 22 –46. doi:10.1177/1086296X12468587
New London Group. 1996. A pedagogy of multiliteracies: Designing social futures. Harvard Educational Review, 66, 60 –92. doi:10.17763/ haer.66.1.17370n67v22j160u
Nurgiyantoro, B.1998. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajahmada University Press
Parry, Jo-Ann and Hornsby, D. (1985). Write on: A Conference Writing. Heinmann-Portsmonth, NH
Puspita, A. M. I. (2019). Peran Budaya Literasi Pada Peningkatan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Pedagogia (8) No. 1
Skerrett, A. (2015, December). “The soul of the music.” Attending to purpose, imagination, and embodied experience in new literacies research. Paper presented at the 65th annual meeting of the Literacy Research Association, Carlsbad, CA.
Semi, M.A. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa
Syafie’ie, I. 1988.Retorika Dalam Menulis. Jakarta: P2LPTK Depdikbud
Sperling, M. (1991). Dialogues of deliberation: Conversation in the teacher-student writing conference. Written Communication, 8, 131-162.
Tarigan, H.G. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa
Published
2019-12-20
How to Cite
puspita, ari. (2019). A EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTILITERASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR. MADROSATUNA, 2(2), 31-37. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/136
Section
Articles