PERAN ORANGTUA DAN GURU DALAM INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DENGAN TEMAN SEBAYA
Keywords:
interaksi, anak usia dini, peran orang tua, peran guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interaksi sosial anak usia dini dengan usia 5-6 tahun di TK Ibu Hj. Euis Siti Ruyanah Pondok Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya. Penelitian ini juga membahas mengenai bagaimana peran orangtua dan guru dalam interaksi sosial anak dengan teman sebaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Interaksi sosial anak di TK Hj Euis Siti Ru’yanah diantaranya adalah mengenali emosi orang lain, mengembangkan keterampilan berbagi dan kerjasama, memahami perspektif orang lain, mengatasi konflik. Peran orang tua dalam interaksi sosial anak di TK Hj Euis Siti Ru’yanah diantaranya adalah keterlibatan dalam seminar parenting, model perilaku sosial, mendampingi anak, komunikasi dan diskusi. Peran guru dalam interaksi sosial anak di TK Hj Euis Siti Ru’yanah diantaranya adalah menciptakan lingkungan yang aman dan menyenangkan, pengajaran keterampilan sosial, pemberian penguatan positif, dan kolaborasi dengan orang tua.
References
Ballerina, Ratunesi. (2020). Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Among Siwi Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 9. No. 5. https://journal.student.uny.ac.id/pgpaud/article/view/16969
Batinah., Meiranny Arum., Arisanti, Atika Zahria. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini: Literatur Review. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 9, No. 1. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/oksitosin/article/view/1510
Dinawati, Yuli., Syaodih, Ernawulan., Rudiyanto. (2018). Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Metode Bermain Peran Makro. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 15. No. 1 https://ejournal.upi.edu/index.php/edukid
Fitri, Umul., Rusdiani, Nurtina Irsyad. (2024). Analisis Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini di Tempat Penitipan Anak (Pocenter). Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini. Vol. 4. No. 1. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/alathfal/article/view/10584
Mardiyani, Rosa Dwi Nur Rahma., Widyasari, Choiriyah. (2023). Interaksi Teman Sebaya dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4. No. 2. https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/329
Nurlatifah, Ira., Andiri, Rena (2022). Pengembangan Kemampuan Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya Anak Usia Dini Melalui Konseling Transactional Analysis. Al-Akhbar: Jurnal Ilmiah Keislaman. Vol. 8. No. 1. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/aa/article/view/3012
Pebriana, Putri Hana. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1 No. 1. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/26
Syafrina, M. (2014). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak melalui Permainan Ular Naga di PAUD Harapan Bangsa Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Padang Pariaman. Spektrum PLS. Vol.11. No.1.
Wijaya, Erik., Nuraini, Farah. (2024). Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Tiflun: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1, No.1. https://jurnal.naskahaceh.co.id/index.php/tiflun/article/view/78