STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK AN-NUUR JAMANIS TASIKMALAYA

  • Atih Ratih Purwati Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Indonesia
  • Nisa Paridatul Hasanah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
  • Lisna Safitri Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Strategi, Pembelajaran, Anak Usia Dini

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan
Pendidikan untuk anak usia dini, terdapat beragam strategi pembelajaran yang dapat
dipilih dan digunakan oleh para guru di sekolah dalam melaksanakan pengajaran di
sekolah. Penelitian ini menganalisis strategi pembelajaran apa saja yang digunakan di
Lembaga Pendidikan anak usia dini. Penelitian dengan menggunakan metode kualitatif,
dan dilaksanakan dengan pengambilan data diantaranya adalah observasi, wawancara
dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di TK An-nuur Cikalapa Jamanis
Tasikmalaya, Jawabarat. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran
yang digunakan di TK An-nuur diantaranya adalah stratei pembelajaran kontekstual,
strategi pembelajaran bermain peran, strategi pembelajaran krativitas dan strategi
pembelajaran tematik. Kendala yang dialami oleh para guru di TK An-nuur dalam
penerapan strategi pembelajaran untuk anak diantaranya adalah hambatan alat praga
atau alat permainan edukatif dan hambatan pengkondisian peserta didik.

References

Dewi, Marnawi, & Sutarmanto. (2015). Strategi Guru dalam Pembelajaran
Mengembangkan Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun di TK.
Khatulistiwa, 4(11). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12521
Eliwarti. (2016). Penerapan Strategi Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan
Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Amal Ikhlas Rumbai
35
Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).
https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i1.3688
Habibi, Y., Srifariyati, S., Hasan, H., & Subhi, M. R. (2017). Strategi Pembelajaran
Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligence. Madaniyah, 7(2), 237–260.
https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/88
Henri, G. (2022). Analisis PERMENDIKBUD Nomor 137 dan 146. JIV-Jurnal Ilmiah
Visi, 17(2), 70–76. https://doi.org/10.21009/JIV.1702.8
Holte, S. J., & Ohmann, P. R. (2021). Childhood in Social Learning Models with
Changing Environments: Implications for Human Evolution. Bio Systems,
210(September), 104555. https://doi.org/10.1016/j.biosystems.2021.104555
Merawati, M., & Mayar, F. (2021). Strategi Story Telling dalam Mengembangkan
Bahasa pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 706–716.
https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I2.797
Samad, F., & Tidore, N. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris yang
Menyenangkan Untuk Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 1(2), 47–57.
https://doi.org/10.33387/CP.V2I1.226
Watini, S. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai-Nilai Agama di Raudhatul Atfal
Assu`Ada Cijerah Bandung. Alim : Journal of Islamic Education, 1(1), 73–90.
https://doi.org/10.51275/alim.v1i1.120
Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi
Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130.
https://doi.org/10.33369/JIP.4.2.121-130

DOI:
Published
2023-06-30
How to Cite
Purwati, A., Hasanah, N., & Safitri, L. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK AN-NUUR JAMANIS TASIKMALAYA. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 27-35. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/697
Section
Articles