UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN

  • Susi Sulastri Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
  • Oyib Sulaeman Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
  • Susan Nurhayati Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM), Tasikmalaya, Indonesia.
Keywords: Keterampilan, Proses Sains, Eksperimen

Abstract

Awal kehidupan anak merupakan masa yang paling tepat dalam memberikan dorongan atau upaya pengembangan agar anak dapat berkembang secara optimal pada bidang kemampuan dasar kognitif, salah satunya keterampilan proses sains. Metode eksperimen bisa dipilih agar anak dapat berinteraksi langsung dengan kegiatan yang diberikan oleh guru dan membuat eksperimen-eksperimen menggunakan media yang

ada di lingkungan sekitar.

Disinyalir, metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains anak, dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan hasil penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada anak Kelompok B Kober Al-Ikhlas Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain pelaksanaan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi hasil pembelajaran, refleksi dalam tiga siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya.

Diketahui dari perhitungan hasil analisa data bahwa hasil penilaian perencanaan pembelajaran: Siklus I mencapai 52% berada pada kategori kurang, siklus II mencapai 69% berada pada kategori kurang, dan siklus III keberhasilan perencanaan pembelajaran mencapai 81% berada pada kategori sangat baik. Hasil

pelaksanaan pembelajaran: Siklus I mencapai 53% berada pada kategori kurang, siklus II mencapai 71% berada pada kategori baik, dan siklus III keberhasilan perencanaan pembelajaran mencapai 78% berada pada kategori baik. Penilaian hasil pembelajaran: Pra Siklus mencapai 62% berada pada kategori cukup, Siklus I mencapai 68% berada pada kategori cukup, siklus II mencapai 79% berada pada kategori baik, dan siklus III keberhasilan perencanaan pembelajaran mencapai 82% berada pada kategori sangat baik.

Disarankan kepada peneliti yang lain untuk dapat mencari dan menggali lagi metode atau model pembelajaran serta media pembelajaran lain yang lebih efektif dalam peningkatan pembelajaran.

Published
2020-06-25
How to Cite
Sulastri, S., Sulaeman, O., & Nurhayati, S. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 61-75. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/394
Section
Articles