ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA ANAK USIA DINI DALAM TEMA GEJALA ALAM

  • Sopi Sariah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
  • Syarief Hasani Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
  • Susan Nurhayati Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Project Based Learning, Tema Gejala Alam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Project Based Learning pada anak usia dini di Kober Syafira, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat model pembelajaran Project Based Learning pada anak usia dini di Kober Syafira, dan bagaimana implikasi dari model pembelajaran Project Based Learning pada anak usia dini dalam tema gejala alam di Kober Syafira. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deksriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik di Kober Syafira. Hasil dari penelitian ini yaitu melalui model pembelajaran Project Based Learning pada tema gejala alam, membuat anak lebih aktif dan antusias pada pembelajaran dengan menggunakan proyek dalam memahami tema gejala alam yaitu terjadinya gunung meletus dan pelangi. Peserta didik melakukan proyek eksperimen ilustrasi gunung meletus dan membuat roti pelangi. Proyek tersebut sangat disenangi dan bermakna bagi peserta didik. Peserta didik dapat mengeksplorasi pengetahuan dan pengalaman dari proyek yang dikerjakan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning pada anak usia dini dalam tema gejala alam di Kober Syafira dapat membuat anak lebih mudah memahami pembelajaran pada tema gejala alam dan membuat proses belajar anak menjadi menyenangkan dan bermakna. Selain itu, model pembelajaran Project Based Learning ini memudahkan guru untuk dapat menyampaikan tema gejala alam pada peserta didik dengan proyek yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan anak usia dini di Kober Syafira.

References

Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di TKIT AL-FARABI. Pendidikan Anak Usia Dini, 1.
Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Hakim Hasibuan, F. (2022). Model Dan Strategi Pembelajaran AUD. UIN Sumatera Utara Medan.
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA). https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785
Marlina, F. (2022). Penerapan Project Based Learning Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) SABILAL MUHTADIN Tembilahan Hulu. file:///C:/Users/ACER/Downloads/SKRIPSI FENNY MARLINA.pdf
Munisah, E. (2020). Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Elsa, 18, 76. https://media.neliti.com/media/publications/338804-proses-pembelajaran-anak-usia-dini-d68fe559.pdf
Rusmayadi, Mahnur, F., & Tamsi. (2022). Panduan Praktis Project Based Learning Pendidikan Anak Usia Dini (R. Jannah & E. Hiko (eds.)). Penerbit Erlangga.
Salafudin. (2011). Metode Pembelajaran Aktif Ala Rasulullah, Pembelajaran Yang Membangkitkan Motivasi. 9, 3. https://media.neliti.com/media/publications/70252-ID-metode-pembelajaran-aktif-ala-rasulullah.pdf
Salikhah, Yusri Bachtiar, M., & Indrawati. (2022). Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat Pada PAUD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 1, 157–163.
Sari, A. Y. (2018a). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. MOTORIC. https://doi.org/10.31090/pa

DOI:
Published
2023-12-31
How to Cite
Sariah, S., Hasani, S., & Nurhayati, S. (2023). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA ANAK USIA DINI DALAM TEMA GEJALA ALAM. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 93-107. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/901
Section
Articles