PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP OPTIMALISASI MULTIPLE INTELLIGENCES ANAK USIA DINI

  • Nita Yunitasari Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Syarief Hasani Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Pembelajaran Tematik, Multiple Intelligences

Abstract

Penelitian di Kelompok Bermain Al-Amin ini dilatar belakangi oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat dan belum sesuai dengan kebutuhan anak dan ketentuan yang tercantum dalam kebijakan pemerintah. Namun yang terlihat dilapangan dengan kondisi belajar seperti itu perkembangan maupun potensi anak masih bisa berkembang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah ada pengaruh efektivitas pembelajaran tematik terhadap optimalisasi multiple intelligences anak usia dini. Alat analis yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian untuk mengungkapkan kondisi yang terjadi sekarang dengan mempertimbangkan masa lalu melalui pengolahan angka-angka yang diperoleh dalam penelitian. Subjek penelitian berjumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil bahwa efektivitas pembelajaran tematik di Kober Al-Amin nilai rata-rata hitungnya 70 berada di atas interval 65,6 dengan klasifikasi sangat baik, sedangkan optimalisasi multiple intelligences anak usia dini nilai rata-rata hitungnya 68 berada di atas interval 66,5 klasifikasi baik. Korelasi kedua variabel ini yaitu pengaruh efektivitas pembelajarana tematik terhadap optimalisasi multiple intelligences anak usia dini merupakan korelasi yang signifikan. Hal ini terbukti dengan = 8,091 = 1,717. Pengaruh efektivitas pembelajaran tematik terhadap optimalisasi multiple intelligences anak usia dini sebesar 75%, sedangkan sisanya sebesar 25% dipengaruhi oleh faktor lain.

Published
2019-12-24
How to Cite
Yunitasari, N., & Hasani, S. (2019). PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP OPTIMALISASI MULTIPLE INTELLIGENCES ANAK USIA DINI. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 110-129. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/285
Section
Articles