Model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Aqidah Akhlak
Abstract
Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran konvensional, kemampuan berpikir kritis peserta didik dan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan pretest dan posttest di setiap kelompok yang akan diteliti. Hasil penelitian dan analisis data bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan nilai rata-rata 66.00 dan setelah diberi perlakuan nilai rata-rata 81.42. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
References
Anugrah, M.Arifin. (2020). Aqidah Akhlak Berbasis Humanistik. Klaten : Lakeisha
Junaidi, J. (2020). "Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis." Jurnal Socius, 9(1), 25.
Karim, N. (2015). "Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama." (Vol. 3, Nomor 1).
Kholid Ridwan, Haikal Kamil dkk. Wawancara pribadi dengan Wini Fitriani. Mei 22 2023
Mayasari, Tantri, dkk. (2016). "Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21?" JPFK 48-55. http://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24.
Melinda, C., & Rahmawati, I. (2021). "Penerapan Metode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial." Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 31(1), 23–31. https://doi.org/10.23917/jpis.v31i1.12557.
Sofyan, Herminarto dkk. (2017). Buku Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunarti, I., dan Nurul Fadilah, D. N. (2019). "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa." Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 16(01), 15–25. https://doi.org/10.25134/equi.v16i01.2014.
Syafitri, Elly dkk. (2021). "Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis." Journal of Science and Sosial Research 320-325. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682
Copyright (c) 2023 THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.