Misrepresentasi penggunaan gadget terhadap akhlak peserta didik

  • Winda Nurul Aeni IAILM Suryalaya
  • Asep Saripulloh UNIK Cipasung
  • Pendi Khoer Ependi UNIK Cipasung
Keywords: Use of gadget; morals; students

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi akhlak peserta didik adalah penggunaan gadget. Penggunaan gadget dan pemanfaatan gadget yang berlebihan dan kurang bisa mengatur waktu dapat berpengaruh terhadap akhlak peserta didik. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui penggunaan gadget, akhlak peserta didik, dan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Akhlak Peserta Didik. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskritif dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh kelas X MAN 3 Tasikmalaya sebanyak 348 orang. Sedangkan sampelnya adalah 50 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data untuk masing-masing variabel dengan menggunakan rata-rata hitung, sedangkan analisis korelasi kedua variabel tersebut menggunakan korelasi rank spearman (rs). Analisis data dari penggunaan gadget berada pada klasifikasi cukup dengan rata-rata hitung 45,3, dan analisis data dari akhlak peserta didik berada pada klasifikasi cukup dengan rata-rata hitung 33,06, sedangkan analisis korelasi pengaruh penggunaan gadget terhadap akhlak peserta didik di kelas X MAN 3 Tasikmalaya berada pada klasifikasi moderate (cukup) dengan diperoleh nilai rs sebesar 0,45 berada pada interval 0,41-0,60. Dengan derajat determinasi yang diperoleh pada indikator penggunaan gadget dan akhlak peserta didik di kelas X Man 3 Tasikmalaya sebesar 20,25% dan 79,75% ditentukan oleh faktor lain diluar penelitian. Hasil uji hipotesis didapat t hitung sebesar 3,4875 > t tabel 1,677. Hal ini berarti hipotesis alternatif ( ) yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan gadget terhadap akhlak peserta didik di kelas X MAN 3 Tasikmalaya diterima dan ( ) ditolak

References

Abdullah, Ma‟ruf. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ainun, Afidiah Nur, dkk. 2018. Mengenal Aqidah dan Akhlak Islami. Lampung: CV Iqro.

Al-Bukhari, Imam. 2008. Adabul Mufrad (terjemahan), Cet. Pertama. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Anggraeni, Aisyah, dan Hendrizal. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA. Jurnal PPKn & Hukum. Vol. 13, No. 1.

Ardiansyah, Andri, dkk. 2015. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Tasikmalaya: Fakultas Tarbiyah IAILM Suryalaya.

Arifin, Zaenal. 2015. Perilaku Remaja Pengguna Gadget. IAIT Kediri. Vol. 26, No. 2.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Ana Puji, dan Anike Nurmalita. 2014. Teknologi Komunikasi dan Perilaku Remaja. Jurnal Analisa Sosiologi. Vol. 3, No. 1.

Darajat, Zakiah. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Derry, I. 2013. Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan Bagi Orang Tua Untuk Memahami Faktor-Faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget. Jakarta: Bisakimia.

Garaika, dan Darmanah. 2019. Metodologi Penelitian. Lampung Selatan: CV Hira Tech.

Hakim, Arif Rahman, dkk. 2021. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional dan Akhlak Peserta Didik. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 7, No.1.

Hamid, Hamdani, dan Beni Ahmad Saebani. 2021. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hanif, A. Rifqy, dan Abdul Khobir. 2013. Konsep Akhlak Seorang Peserta Didik Dalam Mencari Ilmu Menurut Kiai Ahmad Sakhowi Amin (Kajian Kitab Miftah Al Akhlaq). Forum Tarbiyah. Vol. 11, No. 1.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.

Harfiyanto, Doni. 2015. Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget Di SMA N 1 Semarang. Journal Of Educational Social Studies. Vol. 4, No. 1.

Hudaya, Adeng. 2018. Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal Of Education. Vol. 4, No. 2.

Ishomuddin. 2016. Pembangunan Sosial Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Jawa Timur: Duta Media Publishing.

Juditha, Christiany. 2011. Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Remaja di Kota Makasar. Jurnal Penelitian IPTEKKOM. Vol. 13, No. 1.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kamus versi online/daring (dalam jaringan). https://kbbi.web.id/gadget (diakses pada tanggal 24 Maret 2022).

Linawati, Desi. 2019. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Akhlak Siswa di SMK Negeri 1 Kras Kediri. Skripsi Sarjana. Tulungagung: IAIN Tulungagung.

Marpaung, Junierissa. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan.Jurnal Kopasta. Vol. 5, No. 2.

Nalim, Yusuf, dan Salafudin Turmudi. 2012. Statistika Deskriptif. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.

Nasharudin. 2015. Akhlak: Ciri Manusia Paripurna. Jakarta: PT Rajagrapindo Persada.

Nazir, Mohamad. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Novitasari, Wahyu. 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai. Vol. 5, No. 3.

Nurhaeda. 2018. Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam Di Paud Terpadu Mutiara Hati Palu. Early Childhood Education Indonesian Journal. Vol. 1, No. 2.

Nuryadi, dkk. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Rahmawati, Denak Sintia. 2018. Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Akhlak Anak (Studi Kasus Di Sd N 01 Kebonharjo, Klaten). Skripsi Sarjana. Yogyakarta: UII Yogyakarta.

Ruwah, Nisak, dkk. 2020. Statistik Deskriptif. Tangerang: Unpam Press.

Sahriansyah. 2014. Ibadah Dan Akhlak. Yogyakarta: IAIN Antasari Press.

Salbino, Sherief. 2013. Buku Pintar Gadget Android Untuk Pemula. Jakarta: Lembar langit Indonesia.

Siregar, Nur Hapipah, dan Rahmi Wiza. 2021. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Akhlak Remaja. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 1, No. 2.

Sobur, Alex. 2016. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Supratiknya, A. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Syahyudin, Dindin. 2019. Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa. Jurnal Kehumasan. Vol. 2, No. 1.

Wawan. 2015. Pengantar Statistika Pendidikan. Tasikmalaya: CV. Latifah.

Witarsa, Ramdan, dkk. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik. Vol. 6, No. 2.

Wenni. 2019. Impact Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Peduli Sosial Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu. Skripsi Sajana. Bengkulu: IAIN Bengkulu.


Published
2023-07-10
How to Cite
Aeni, W., Saripulloh, A., & Ependi, P. (2023). Misrepresentasi penggunaan gadget terhadap akhlak peserta didik. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.47971/tjpi.v6i1.685