Analisis perbandingan hasil belajar

  • Neng Sri Rahayu IAILM Suryalaya
  • Nurhamzah CS IAILM Suryalaya
  • Syarifah Setiana Ardiati IAILM Suryalaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menetap di pesantren dan peserta didik yang tidak memnetap di pesantren pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Serba Bakti Suryalaya. Metode yang digunakan adalah metode Kuantitatif Komparasi. Berdasarkan hasil pengelolaan data, diperoleh hasil belajar peserta didik yang menetap di pesantren diperoleh nilai rata-rata 84,75 sedangkan untuk peserta didik yang tidak menetap dipesantren adalah 84,35. Berdasarkan analisi data yang diperoleh pengujian data hipotesis dengan uji-F pada analisis data didapat Ho diterima dan Ha ditolak karena nilai sig (signifikasi) yang diketahui adalah 0,318 yang artinya sig > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menetap di pesantren dan peserta didik yang tidak menetap di pesantren pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Serba Bakti Suryalaya dari segi kognitif

References

Sudjana, Nana, (2016), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Baharuddin, dan Esa Nur Wahyuni, (2007), Teori belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Hasbullah, (2013), Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Lestari, Ai, (2011), “Pandangan Islam Tentang Faktor Pembawaan dan Lingkungan dalam Pembentukan Manusia.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol,05. No,1.

Subhan, Arief, (2012), Lembaga Pendidikan Islam Indonesia, Jakarta: Kencana.

Sukmadinata, Syaodih, Nana, (2011), Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Rosdakarya.

Syah, Muhibbin, (2011), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nata, Abuddin, (2012), Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers.

Nizar, Samsul, (2011), Sejarah Pendidikan Islam:Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasullullah Sampai Indonesia, Jakarta: Kencana.

Niswah, Choirun, (2016), Sejarah Pendidikan Islam, Palembang: Noer Fikri Offset.

Nasution (2019). “Pesantren: Karakteristik dan dan Unsur-Unsur Kelembagaan.” Jurnal Pendidikan Islam, Vol VIII, No 2.

Fahham, Achmad Muhammad, (2020), Pendidikan Pesantren : Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter dan Perlindungan Anak, Jakarta: Publica Institute.

Yanuarti, Eka, (2016), ”Studi Komparasi Prestasi Siswa.” Jurnal Studi Pendidikan, Vol,14. No,2.

Purwanto, (2009), Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dalyono, M, (2015), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Gozali, dan Bahri M, (2001), Pendidikan Pesantren Berwawasan Lingkungan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Creswell, John. (2012), Educational Research (Planning, Conducting, Valuating, Quantitative and Qualitative Research), Boston: Pearson

Zuhairini, dkk, (1995), Filfasat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Askara.


Published
2023-07-10
How to Cite
Rahayu, N., CS, N., & Ardiati, S. (2023). Analisis perbandingan hasil belajar. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 59-69. https://doi.org/10.47971/tjpi.v6i1.690