Kontekstualisasi Filosofis Zakat sebagai Media Dakwah Modern (Studi Kasus di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah NU Karawang)

  • Ai Imas Mursydiah Zein Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asep Hermawan Anwar Sekolah Menengah Kejuruan Azzainiyyah Sukabumi
  • Ahmad Hasan Ridwan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Folosifis, Zakat, Dakwah, Modern

Abstract

Fenomena perubahan terjadi pada masalah sosial khususnya dalam pengelolaan zakat sebagai media dakwah tentunya menghadapi ragam problematika, mengharuskan adanya langkah preventif yang dilakukan Lazisnu Karawang dalam mengedepankan langkah seruan pada suatu kebaikan dan mencegah pada suatu keburukan, yaitu nilai daripada dakwah itu sendiri. Metode penelitian adalah analisis kualitatif deskriptif, data primer diperoleh dari Lazisnu Karawang melalui wawancara yang sementara Data sekunder berupa bukti pencatatan, pembukuan, dan kumpulan data. Hasil penelitian menunjukan, secara ontologis, membayar zakat pada hakikatnya melaksanakan perintah Allah serta jadi rukun Islam. Secara epistemologis, ilmu pengetahuan zakat diperoleh dari al-Qur’ an serta hadits, dan karya- karya para ulama. Secara aksiologis, ketetapan zakat ini dapat dilihat dari Lazisnu Karawang yang memiliki beberapa program penyaluran dana dari ZIS, program-program tersebut adalah: pertama NUCare, kedua NUPraneur, ketiga NUSmart, dan yang keempat NUSkill. Semua program tersebut menjadi senjata lazisnu untuk meminimalisir kemiskinan daerah Karawang. Program-program tersebut sangatlah efektif apabila dapat terealisasikan dengan baik dan berorientasi untuk kepentingan hidup. Program penuntasan kemiskinan dikemas secara modern oleh Lazisnu untuk menyerukan kebaikan kepada kelompok aghnia untuk menyalurkan sebagian hartnya sebagaimana ketetapan dalam syariat Islam untuk membantu masyarakat yang tidak mampu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurarachman, Qadir. 2001. Zakat dalam Dimensi Mahdhah dan Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

al Manzhur, Ibn. 1981. al-Lisan al’Arab. Libanon: Dar al Ma’arif.

Al-Nasafi, A. b. 1995. Tafsir al-Nasafi al-Musamma Madarik al-Tanzil wa Haqaa’tq al-Ta’wi. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiah.

al-Qurthubi, Abū ‘Abdillāh Muhammad bin Ahmad al-Anshari. 1993. al-Jāmi’ li Ahkām al Qur’ān. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Amaliyah.

Ar-Rahman, Abd ibn Nashir ibn As-Sa`di. 2000. Taisir Al Karim Ar Rahman Fi Tafsir Kalam Al Manan. t.tp: Muasssah Ar-Risalah.

Burlian dan Paisol. 2016. Patologi Sosial: Perspektif Sosiologis Yuridis, dan Filosofis. Jakarta: Bumi Aksara 2016.

Giddens. 2002. Customer Loyalty Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hakim, Abd Atang. 2011. Fiqih Perbankan Syariah, Jakarta: Aditama.

Hakim, B. R. 2016. Analisis Terhadap Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat (Perspektif Hukum Islam). Syariah: Jurnal Hukum dan Pemikiran, 15(2).

https://zakat.or.id/bab-iii-nisab-dan-kadar-zakat/ diakses tanggal 15 Januari 2022

Intan Suri Mahardika Pertiwi, P. E. R. 2021. Pengaruh Akuntabilitas, Transparasi Dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat (Studi di BAZNAS Bandar Lampung dan BAZNAS Lampung Tengah) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Muhammad Al-Hisni, Taqiyuddin Abu Bakar. 2004. Kifayatul Akhyar Fii Halli Ghayati Al-Ikhtisar. Beirut: Dar Al-Kutub al-Islamiyah.

Nawawi, Ismail. 2012. Fikih Muamalah Klasik dan Kontemporer. Bogor: Ghalileo Indonesia.

Nawawi, Ismail. 2013. Manajemen Zakat dan Wakaf. Jakarta: VIV Press.

Rasyid, S. 1976. Fiqh Islam. Jakarta: Penerbit At-Tahiryah.

Shihab, M. Quraish. 2012. Tafsir al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.

Sudarman, A. 2018. Strategi Komunikasi untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Zakat Maal. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 39-58.

Suyanto, Bagong (et.al). 2005. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan, Menetapkan Fokus dan Merumuskan Masalah yang Layak Diteliti. Jakarta: Kencana Frenada Media Group.


Published
2023-07-04
How to Cite
[1]
Mursydiah Zein, A., Anwar, A. and Ridwan, A. 2023. Kontekstualisasi Filosofis Zakat sebagai Media Dakwah Modern (Studi Kasus di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah NU Karawang). Mutawasith: Jurnal Hukum Islam. 6, 1 (Jul. 2023), 21-35. DOI:https://doi.org/10.47971/mjhi.v6i1.592.
Section
Articles