PENGENDALIAN EMOSIONAL ORANG TUA SELAMA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH

(STUDI KASUS DI MTS BINA SANTRI MEDAN)

  • Darwis Margolang STIA Sumatera Medan
  • Arjan Saputra Harahap STAI Sumatera Medan
  • Auli Jannah Winanda STAI Sumatera Medan
  • Nur Aidah STAI Sumatera Medan
Keywords: Pengendalian, Emosional, Orang Tua, Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran yang diterapkan selama pembelajaran daring, dan metode orang tua dalam mengendalikan emosional siswa selama pembelajaran daring. Penelitian dilaksanakan di MTS Bina Santri Medan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif, berbasis studi kasus. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, model Pembelajaran Berbasis Daring diMTS Yayasan Bina Santri Medan, terwujud dalam langkah-langkah sebagai berikut: Wali kelas bekerjasama dengan orang tua dengan membuat group Whatsapp, hal ini dibuat untuk memudahkan wali kelas dan orang tua dalam berkomunikasi dan bertukar pikiran, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan aplikasi zoom, google classroom. Pembelajaran juga dilakukan dengan memberikan penugasan kepada siswa. Metode yang dilakukan orang tua dala mengendalikan emosionalnya selama mendampingi anak belajar di rumah, ialah dengan menjalin kerjasama dengan guru, pelibatan guru les untuk membantu menyelesakan penugasan, menjalin kedekatan dan keakraban dengan anak.

References

Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa
Pandemi Covid-19. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1),
45–52.
Aziza, F. N., & Yunus, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Masa
Study From Home Selama Pandemi Covid 19. UrbanGreen Conference Proceeding
Library, 1, 112–114.
Azmi, N. (2016). Potensi emosi remaja dan pengembangannya. Sosial Horizon: Jurnal
Pendidikan Sosial, 2(1), 36–46.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di
Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi,
04(1), 152–159.
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu,
M. A., … Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di
Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Hakim, M. S. H. I. (2020). Implementasi Kolaborasi Orang Tua dan Guru Dalam
Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada PAUD. JIEES: Journal of Islamic Education
at Elementary School, 1(1), 26–33.
Ibrahim, D. (2019). Cermin formulasi fiqih`Umar Ibn Al-Khaththab.
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di
Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2),
71–81.
Irawan, E., Arif, S., Hakim, A. R., Fatmahanik, U., Fadly, W., Hadi, S., … Pahlevi, F. S.
(2020). Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi: Transformasi, Adaptasi, dan
Metamorfosis Menyongsong New Normal. Zahir Publishing.
Kurnianto, B., & Rahmawati, R. D. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap
Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi. Seminar
Pendidikan Nasional (SENDIKA), 1(1).
Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam
Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 5(1), 241–256.
Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah
Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–15.
Lubis, R. R. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Persfektif Islam (Studi
Pemikiran Nasih ‘Ulw n Dalam Kitab Tarbiyatul Aul d). ā ā Tazkiya, 5(2), 1–13.
Retrieved from http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/viewFile/
83/67
42
Thoriqotuna | Jurnal Pendidikan Islam
Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah.
JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1), 15–32.
Mashar, R. (2015). Emosi anak usia dini dan strategi pengembangannya. Kencana.
Moleong, L. J. (2006). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola Interaksi Anak dan
Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic
Education, 1(1), 124–140.
Sit, M. (2017). perkembangan peserta didik. Depok: Prenadamedia group.
Zahara, F. (2018). Pengendalian Emosi Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua Pada Siswa Usia
Remaja Di SMA Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(2), 94–109.

Published
2020-11-03
How to Cite
Margolang, D., Harahap, A., Winanda, A., & Aidah, N. (2020). PENGENDALIAN EMOSIONAL ORANG TUA SELAMA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 32-43. https://doi.org/10.47971/tjpi.v3i1.225