Intensitas Membaca Al-Qur’an Dengan Kecerdasan Emosional Peserta Didik

14 Views     14 Downloads

Authors

  • Moh. Syaeful Ulum Universitas Islam KH Ruhiat Cipasung, Tasikmalaya, Indonesia
  • Lelah Nurjamilah Universitas Islam KH Ruhiat Cipasung, Tasikmalaya, Indonesia
  • Siti Warisiyah IAILM Suryalaya, Tasikmalaya, Indonesia

Keywords:

Intensity, Reading, Al-Qur’an, Intelligence, Emotional Students

Abstract

Penelitian ini didasari dari hasil observasi rendahnya kecerdasan emosional peserta didik seperti kurang bisa mengendalikan emosinya seperti mudah tersinggung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas membaca Al-Qur’an dengan kecerdasan emosional peserta didik di MTs Swasta Muslimin Panjalu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan populasi 72 orang, penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa intensitas membaca Al-Qur’an di MTs Swasta Muslimin Panjalu tergolong tinggi (x ̅=70,65 berada pada skala penafsiran 69,534-71,748 dengan klasifikasi tinggi). Sedangkan kecerdasan emosional peserta didik MTS Swasta Muslimin Panjalu tergolong cukup (x ̅=65,75 berada pada skala penafsiran 65,4-68,6 dengan klasifikasi cukup). Dan hubungan intensitas membaca Al-Qur’an dengan kecerdasan emosional peserta didik MTS Swasta Muslimin Panjalu mempunyai hubungan positif dan signifikan berdasarkan rs sebesar 0,59 berada pada klasifikasi cukup. Derajat determinasi hubungan antara variabel (X) dan variabel (Y) adalah 34,81%. Hasil pengujian hipotesis ternyata harga t hitung sebesar 4,24 sedang t tabel pada taraf 1,72 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

References

Abidin S, Z. (1992). Seluk Beluk Al-Qur’an. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Ajzen, I. (2005). Attitude, Personality and behavior. Open University Press.

Ansoriy, Z. (2021). Kebiasaan Membaca Al Quran dan Implikasinya Terhadap Kecerdasan Intelektualitas Mahasiswa. 2, 177–186.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :PT Rineka Cipta.

Daradjat, Z. (2005). Ilmu jiwa agama. Jakarta : Bulan Bintang.

Goleman, D. (2016). Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional (Buku Menggemparkan Yang Mendefinisikan Ulang Apa Arti Cerdas) Mengapa EL Lebih Penting Dari Pada IQ. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Gusniati, M. (2022). PENGARUH INTENSITAS MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MTS DESA SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR.

Hakim, M. B. (2012). Ulumul Qur’an. Al Huda.

Hamka. (2008). Tafsir Al Azhar. Jakarta : Pustaka Panjimas.

Ishak, M., Syafaruddin, & Sit, M. (2017). PELAKSANAAN PROGRAM TILAWAH ALQURAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR ’ AN SISWA DI MAS AL MA ’ SUM STABAT. 1(4), 602–618.

Jenny Yandryati, Gumono, dan A. J. P. (2017). KEMAMPUAN MEMBACAKAN TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII 1 SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2016/2017. 68–72.

Kamus Bahasa Indosesia, T. R. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Bahasa.

Mawardi, K., & Nurhayah, E. M. (2020). Penguatan kecerdasan spiritual anak melalui kegiatan tadarus al-quran. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.4010

Murni, D. (2016). Kecerdasan Emosional Menurut Perspektif Al-Qur’an. Ilmu Al-Qur’an Dan Keislaman, 96–117.

Noormiyanto, F. (2018). PENGARUH INTENSITAS ANAK MENGAKSES GADGET DAN TINGKAT KONTROL ORANGTUA ANAK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK SD KELAS TINGGI DI SD 1 PASURUHAN KIDUL KUDUS JAWA TENGAH. 5, 138–148.

Pasiak, T. (2008). Revolusi IQ/EQ/SQ : Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan Al-Qur’an Dan Neuro Sains Mutakhir. Bandung : PT Mizan Pustaka.

Purnomo, S. (2010). Tips Cerdas Emosi Dan Spritual Islami. Jakarta : Direktorat Jenderal.

Qardhawi, Y. (2004). Al-Qur’an berbicara tentang akal dan ilmu pengetahuan. Jakarta : Gema Insani.

Ramayulis. (2013). Psikologi Agama. Jakarta : Kalam Mulia.

Rozalia, M. F. (2017). HUBUNGAN INTENSITAS PEMANFAATAN GADGET DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. 5, 722–731. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.722-731

Sensa, M. D. (2005). Komunikasi Qur’aniyah : Tadzabbur untuk pensucian jiwa. Bandung : Pustaka Ilmiah.

Shandily, J. M. E. dan H. (2014). Kamus Indonesia Inggris. Gramedia Pustaka Utama.

Shihab, M. Q. (2013). Membumikan al-qur’an : fungsi dan peran wahyu dalam kehidupan masyarakat. Bandung : Mizan, 2013.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syahputra, A. (2020). Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Emosional Mahasiswa Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (Fuad) IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4870/1/SKRIPSI ALWIN.pdf

Tim Penerjemah Kemenag. (2010). AlQuran Kemenag Edisi Penyempurnaan.

Ulfah, M. (2016). Al-quran Al-Karim Mushaf Wanita. Jakarta Pusat : Cv. Al-Qolam Publishing.

Untari, M. M., & Rohmah, F. A. (2016). KECEMASAN IBU HAMIL DITINJAU DARI INTENSITAS MEMBACA AL-QUR’AN DAN KELOMPOK USIA. 13(1), 13–21.

W. Al-Hafiz, A. (2005). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Azam.

Wawan. (2015). Desain Penelitian Kuantitatif. Latifah Press.

Published

2024-12-23

How to Cite

Moh. Syaeful Ulum, Lelah Nurjamilah, & Siti Warisiyah. (2024). Intensitas Membaca Al-Qur’an Dengan Kecerdasan Emosional Peserta Didik. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 1–18. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/thoriqotuna/article/view/811