ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Fitria Fauziah Hasanah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
  • Woro Prameswari Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Alat Permainan Edukatif, , Wayang Cepot, Pembelajaran Anak

Abstract

Wayang cepot merupakan salah satu Local Wisdom khas Jawa Barat, dalam penelitian ini mengadaptasi wayang cepot untuk digunakan sebagai alat permainan edukatif sebagai media pembelajaran untuk anak usia 5-6 tahun. Anak usia dini yang sedang pada masa perkembangan, perlu diberikan stimulus agar perkembangannya dapat optimal sesuai dengan Strandar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa alat permainan edukatif wayang cepot dapat digunakan untuk pembelajaran anak usia 5-6 tahun dalam mengembangkan aspek nilai agama dan moral, kognitif, Bahasa, social emosional, fisik-motorik, dan aspek seni. Penggunaan alat permainan wayang cepot ini dapat digunakan untuk pembelajaran anak baik di sekolah dengan pendampingan guru, maupun di rumah dengan pendampingan orang tua. Dalam permainan ini anak diajak untuk membuat wayang cepot yang merupakan khas tradisional Jawa Barat, kemudian setelah itu anak bermain role play memerankan menjadi dalang dalam pewayangan, anak bebas bercerita dengan menggunakan wayang cepot hasil buatannya sehingga dari keseluruhan permainan ini anak mendapatkan pengalaman belajar yang lebih berkesan serta mengajak anak untuk melestarikan budaya tradisional Jawa Barat wayang cepot.

Published
2023-12-31
How to Cite
Hasanah, F., & Prameswari, W. (2023). ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 108-124. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/900
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)