ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MENGGUNAKAN METODE SUKU KATA DI RA SITI KHODIJAH PAGERAGEUNG

  • Niknik Dewi Pramanik Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
  • Rizqi Kustanti Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
  • Shabrina Hastin Iqlima Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Kemampuan Membaca, Anak, Metode Suku Kata

Abstract

Dalam penelitian ini penulis akan menjelaskan bahwa ada banyak anak yang kesulitan untuk pramembaca di usia anak usia dini. Dari latar belakang kesuliatan pramembaca, penulis menggunakan metode suku kata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode membaca yang digunakan sebelum menggunakan metode suku kata di RA Siti Khodijah, penerapan menggunakan metode suku kata di RA Siti Khodijah, dan dampak setelah belajar membaca dengan menggunakan metode suku kata di RA Siti Khodijah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitiannya adalah anak sudah bisa mengelompokkan kata-kata yang sejenis, menyebutkan kata-kata yang mempunyai huruf awal yang sama, bisa merangkai suku kata menjadi kata atau kalimat sederhana, menceritakan isi buku walaupun tidak sama dengan kalimat yang diungkapkan, karena metode suku kata ini adalah metode yang tepat bagi anak usia dini.

Published
2022-12-27
How to Cite
Pramanik, N., Kustanti, R., & Iqlima, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MENGGUNAKAN METODE SUKU KATA DI RA SITI KHODIJAH PAGERAGEUNG. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 37-47. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/535
Section
Articles