URGENSI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI DESA SUKAMANAH KECAMATAN JATI NUNGGAL SUMEDANG
Keywords:
Urgensi, Pendidikan, Anak Usia DiniAbstract
Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini diperlukan oleh anak agar anak memiliki kesiapan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan selanjutnya (Sekolah Dasar). Urgensi PAUD menjadi hal yang perlu diperhatikan di kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan murid/peserta didik pada jenjang pendidikan sekolah dasar dari latar belakang para murid yang sebelumnya telah mendapatkan pendidikan di jenjang PAUD dan murid-murid yang tidak melewati jenjang PAUD terlebih dahulu sebelum masuk pada sekolah dasar (SD). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa perbedaan murid yang melewati jenjang PAUD terlebih dahulu dan yang tidak melewati PAUD memiliki cara belajar yang berbeda pada jenjang SD. Diantara perbedaan yang ditunjukan adalah anak yang tidak PAUD mendapatkan kesulitan belajar berhitung, kesulitan membedakan posisi, kesulitan dalam belajar menulis, dan kesulitan dalam mempelajari bahasa asing, sedangkan anak yang melewati PAUD sebelum SD mereka menunjukan lebih mudah mengikuti pelajaran berhitung, menulis, mengenal posisi, serta lebih mudah memahami pelajaran bahasa asing.
References
Aryanti, T. (2018). Urgensi Sekolah PAUD Untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1.
Bachtiar,Yuliana ( 2020 ) Peningkatan Kesadaran Masyarakat terhadap PAUD dan Pelatihan Pembelajaran Inovatif Pada Bunda PAUD. Amal Ilmiah Vol 1
Fitriningsih, (2016), Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Aqidah, Jurnal Musawa, Vol. 8. No. 1.
Machmud, Hadi, (2014) Urgensi Pendidikan Moral dalam Membentuk Kepribadian Anak, Jurnal Al-Tadib, Vol.7 No. 2, https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/318
Nuraini, Y. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Prasanti, D., & Fitriani, D.R., (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2. No. 1
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Visimedia.
Waewa, Haryati, (2016), Urgensi Pendidikan Islam untuk Anak Sejak Dini, Jurnal Al-Taujih, Vol.2, No.2. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/947
Wahidah, Afifah Fatihakun Ni'mah.. Suryadilaga, Muhammad Alfatih. (2021), Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Hadits di Masa Pandemi Coronavirus. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development. Vol. 3, No.1. https://jurnalftk.uinsa.ac.id/index.php/JCED/article/view/601