ANALISIS PEMBELAJARAN SAINS MELALUI PERCOBAAN APOLO AIR UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

197 Views     147 Downloads

Authors

  • Yeni Mulyani Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia.
  • Ganjar Julian Pratama Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya, Indonesia.

Keywords:

Pembelajaran sains, perkembangan kognitif, anak usia dini

Abstract

Pembelajran sains untuk anak usia dini sangat berkaitan dengan perkembangan kognitidnya. RA Sabina sebagai salah satu lembaga pendidikan untuk anak usia dini melaksanakan kegiatan pembelajaran sain melalui percobaan apolo air, mengenai hal tersebut penelitian ini menganalisis bagaimana pelaksanaan pembelajaran sains tersebut berkaitan dengan perkembangan kognitif anak di RA Sabina Kecamatan Pagerageung, Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengambilan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Hasil belajar anak dalam kegiatan percobaan sains terdapat tiga hal, yaitu mengetahui fakta dalam aspek kognitif, menguasai keterampilan proses sains dalam aspek psikomotorik, dan mengembangkan sikap-sikap dalam aspek afektif. Aspek kognitif, anak mampu menguasai fakta yang ada dalam kegiatan percobaan. Aspek afektif, anak mampu mengusai sikap bekerja sama dan disiplin saat kegiatan percobaan. Aspek psikomotorik, anak mampu menguasai keterampilan mengamati, mengkomunikasikan, mengetahui proses, dan membandingkan.

References

Astusti, Yeni., Nurhafizah. (2023). Pengembangan Kemampuan Sains Anak melalui Metode Eksperimen di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi. Vol. 7 No. 5. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/5247
Handayani, Novi Sri., Dewi, Rikha Surtika. (2023). Penggunaan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Di TK As-Sunnah. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 8. No.2. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/assibyan/article/view/9428
Harlistyarintica, Yora., Muryani, Arlis. (2024). Implementasi Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Guided Inquiry. Kumarottama : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vo. 4 No.1 https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/kumarottama/article/view/1797
Kinanti, Adha., Purnama, Sigit., Rohinah. (2020). Metode Eksperimen: Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Kelompok B2 RA Masyithoh X Karangmojo Gunungkidul. Jurnal Golden Age. Vol. 5 No.1 https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/goldenage/article/view/51-04
Pratiwi, Ajeng Putri., Rivai, Rika Kurnia., Nopiana. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Terhadap Kemampuan Sains Dan Berbicara Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. JPUD : Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 11 No.1 https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/2559
Rahmawati, Anayanti., Setoresmi, Anugrah Sari., Malau, Berliana., Novitasari, Danella Ayu., Munawaroh, Febry Ratna Sari., Galuh. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Games Interaktif dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Vol. 11. No 1. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/24671
Roza, Mela Murti. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 29 Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD. Vol. 1. No. 5 https://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1703
Wirani, Dyah Setyaningrum. (2017). Analisis Kesulitan Guru PAUD dalam Membelajarakan IPA pada Anak Usia Dini. Edusains : Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika. Vol. 5. No. 1 https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/578
Yaswida., Putri, Dona Mailinda Eka., Irsakinah. (2023). Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Lingkungan untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. Vol. 7. No. 1. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2842
Yusnita., Mahyudin, Neny. (2021). Optimalisasi Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Melalui Aktivitas Bermain Air Di Tk Pertiwi Jawi-Jawi Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Jurnal Education and Development. Vol. 9. No.1 https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2314

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Mulyani, Y., & Pratama, G. J. (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN SAINS MELALUI PERCOBAAN APOLO AIR UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 34–47. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/1121

Issue

Section

Articles