Pengaruh game online terhadap motivasi belajar PAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Sindangbarang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, pengolahan data, dan korelasi rank spearman (r_s ). Hasil penelitian diperoleh pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah signifikan, r_s=0,429 Selanjutnya besarnya nilai koefisien determinasi (R square) pada penelitian ini adalah sebesar 0,184. Yang mengandung pengertian bahwa besarnya pengaruh variabel bebas (Game Online) terhadap variabel terikat (Motivasi Belajar) yaitu sebesar 18,4 % dan sisanya sebesar 81,6 % dipengaruhi oleh faktor lain
References
Arif, Andri. 2019. Pengaruh Game Online dan Tindakan Pencegahan. Magetan: AE Medika Grafika
Amna, Emda. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Banda Aceh: Lantanida Journal
Nisrinafatin. 2020. Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Salatiga : Jurnal Edukasi Nonformal.
Darsono, Max. dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
Dimyati. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Ferdinatus Taruh. 2020 Motivasi Kerja (Meniti Suara Hati Menolak Perilaku Korupsi).Yogyakarta : CV Budi Utama
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hamzah B Uno, 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis Bidang Pendidikan) Jakarta: Bumi Aksara
Ifni, Oktiani. 2017. Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Solo: Jurnal Pendidikan.
Izzaty, Rita Eka. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Krista Surbakti. 2017. Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Dosen FKIP Universitas Quality : Jurnal Curere
Kustiawan, Andri Arif, dan Andy Widhiya Bayu Utomo. 2019. Jangan Suka Game Online, Pengaruh dan Tindakan Pencegahan. Jawa Timur: CV. Media Grafika.
Rusman,2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana
Sardiman,A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.
Soekamto. 1994. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Dep. P dan K, Ditjen TP Pusat Antar-Universitas: Jakarta
Slameto, 2010. Belajar dari Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sri Wahyuni. 2017. Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. Riau Kepulauan Batam : Jurnal Kopasta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya.Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi,Arikunto., 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Wawan., 2018. Pengantar Statistika Pendidikan. Tasikmalaya: Latifah Press
Wawan., 2015. Desain Penelitian Kuantitatif. Tasikmalaya: Latifah Press
Wina Sanjaya, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group.
Copyright (c) 2023 THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.