Pengaruh game online terhadap motivasi belajar PAI

  • Yuda Nugraha IAILM Suryalaya, Tasikmalaya
  • Daden Fikruzzaman STIDKI Bogor, Indonesia
  • Elah Nurhasanah STAIMA Banjar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Sindangbarang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, pengolahan data, dan korelasi rank spearman (r_s ). Hasil penelitian diperoleh pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah signifikan, r_s=0,429 Selanjutnya besarnya nilai koefisien determinasi (R square) pada penelitian ini adalah sebesar 0,184. Yang mengandung pengertian bahwa besarnya pengaruh variabel bebas (Game Online) terhadap variabel terikat (Motivasi Belajar) yaitu sebesar 18,4 % dan sisanya sebesar 81,6 % dipengaruhi oleh faktor lain

References

Arif, Andri. 2019. Pengaruh Game Online dan Tindakan Pencegahan. Magetan: AE Medika Grafika

Amna, Emda. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Banda Aceh: Lantanida Journal

Nisrinafatin. 2020. Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Salatiga : Jurnal Edukasi Nonformal.

Darsono, Max. dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dimyati. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Ferdinatus Taruh. 2020 Motivasi Kerja (Meniti Suara Hati Menolak Perilaku Korupsi).Yogyakarta : CV Budi Utama

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hamzah B Uno, 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis Bidang Pendidikan) Jakarta: Bumi Aksara

Ifni, Oktiani. 2017. Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Solo: Jurnal Pendidikan.

Izzaty, Rita Eka. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Krista Surbakti. 2017. Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Dosen FKIP Universitas Quality : Jurnal Curere

Kustiawan, Andri Arif, dan Andy Widhiya Bayu Utomo. 2019. Jangan Suka Game Online, Pengaruh dan Tindakan Pencegahan. Jawa Timur: CV. Media Grafika.

Rusman,2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana

Sardiman,A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Soekamto. 1994. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Dep. P dan K, Ditjen TP Pusat Antar-Universitas: Jakarta

Slameto, 2010. Belajar dari Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sri Wahyuni. 2017. Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. Riau Kepulauan Batam : Jurnal Kopasta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya.Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi,Arikunto., 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Wawan., 2018. Pengantar Statistika Pendidikan. Tasikmalaya: Latifah Press

Wawan., 2015. Desain Penelitian Kuantitatif. Tasikmalaya: Latifah Press

Wina Sanjaya, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group.


Published
2023-06-19
How to Cite
Nugraha, Y., Fikruzzaman, D., & Nurhasanah, E. (2023). Pengaruh game online terhadap motivasi belajar PAI. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 79-86. https://doi.org/10.47971/tjpi.v6i1.692