Implementasi sholat berjama’ah dalam membentuk kedisiplinan siswa

  • Aji Maulana Hilman Parisi IAILM Suryalaya
  • Moh. Syaeful Ulum UNIK Cipasung, Tasikmalaya
  • Lelah Nurjamilah UNIK Cipasung, Tasikmalaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan shalat berjamaah terhadap kedisiplinan siswa dala pembelajaran pendidikan Agama Islam di kelas X MAN 3 Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan mengumpulkan informasi faktual melalui pengisian kuesioner dengan teknik analisis data korelasi rank spearman (r_s ). Hasil penelitian diperoleh pengaruh pelaksanaan shalat berjamaah terhadap kedisiplinan siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di kelas X MAN 3 Tasikmalaya signifikan, r_s=0,75 Kontribusi pelaksanaan shalat berjamaah terhadap kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI pada kelas X di MAN 3 Tasikmalaya sebesar 56,25% sedangkan 43,75% lainnya dipengaruhi oleh faktor selain pelaksanaan shalat berjamaah

References

Abdul Aziz Muhammad Azzam dan Abdul Wahhab. 2006. Sayyed Hawwas Fiqh Ibadah. Jakarta: Pustaka Al-Kausar.

Ahmad Ruhaini. 2004. Pengelola Pengajaran, cet 2. Jakarta: Rineka Cipta.

An-Nahlawi, A. 1992. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam Dalam Keluarga di Sekolah. Bandung: CV. Diponogoro.

Ardiansyah, Andri, dkk. 2015. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Tasikmalaya: Fakultas Tarbiyah IAILM Suryalaya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary H. Gunawan. 2002. Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Micro. Jakarta:Rineka Cipta.

Az-Zuhaili, Wahbah. 2002. Al-Qur’an Menjawab Tantangan Zaman. Jakarta: Mustaqim.

Darajat, Zakiah. 1996. Shalat Menjadikan Hidup Bermakna. Jakarta: Ruhama.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

E.Mulyasa. 2005. Kurikulum BerbasisKompetensi: Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Karya.

Hasbiyallah. 2013. Fiqh dan Ushul Fiqh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kementrian Agama RI. 2010. Al-Qur’an Tajwid danTerjemahannya. Jakarta: Madina.

Moenir. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Moh. Rifa‟i. 1978. Risalah Tuntunan Shalat Lengkap. Semarang: Toha Putra.

Mulyasa. 2006. Menjadi guru profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Neiny Rachmananingsih. 1997. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk SMUKelas 2. Bandung: Srafindo Media Pratama.

Rahman Ritonga dan Zainuddin. 1997. Fikih Ibadah. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Rasjid, Sulaiman. 2012.Fiqh Islam. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sabi, Sayyid. 2013. Fiqh Sunnah Jilid 1. Jakarta: Anggota IKAPI.

Sayyid Sabiq. Fiqih Sunnah 1-2, terj. Mahyuddin Syaf. Bandung:Al- Ma‟arif.

Soekarto Indrafacchudin. 1989. Administrasi Pendidikan. Malang: IKIP Malang.

Soetjipto dan Raflis Kosasi. 1999. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sotrisno Hadi. 1990. Metodologi Reset. Yogyakarta: Andi Offsit.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kulitatif dan R &D. Bandung:Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2000. Manajemen Pengajaran secara Mahasiswi. Jakarta: Rineka Cipta.


Published
2023-06-19
How to Cite
Parisi, A. M., Ulum, M., & Nurjamilah, L. (2023). Implementasi sholat berjama’ah dalam membentuk kedisiplinan siswa. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 70-78. https://doi.org/10.47971/tjpi.v6i1.691