Pembiasaan tadarus Al-Qur’an dalam membentuk karakter peserta didik

  • Hilda Silviani IAILM Suryalaya
  • Saeful Anwar IAILM Suryalaya
  • Ayi Juanda IAILM Suryalaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh pembiasaan tadarus Al-Qur’an terhadap karakter peserta didik di MTsN Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi. Serta pengolahan data kuantitatif diselesaikan dengan rumus Rank Spearmen (r_s). Berdasarkan hasil pengolahan data, bahwa pembiasaan tadarus Al-Qur’an tergolong baik, diperoleh dari nilai rata-rata (X ̅) sebesar 61,7 yang berada pada skala penafsiran 58,14 – 62,52 dengan klasifikasi baik. Sedangkan karakter peserta didik tergolong baik, diperoleh dari nilai rata-rata (X ̅) sebesar 60,4 yang berada pada skala penafsiran 59,06 – 63,08 dengan klasifikasi baik. Kemudian pengaruh pembiasaan tadarus Al-Qur’an terhadap karakter peserta didik di MTsN 3 Ciamis mempunyai pengaruh positif dan signifikan dengan kategori tinggi, terbukti diperoleh hasil r_s = 0,62 yang berada pada interval 0,61 – 0,80 serta t_hitung (4,538) ≥ t_tabel (1,692). Pembiasaan tadarus Al-Qur’an mempengaruhi karakter peserta didik sebesar 38,44 %, sedangkan sisanya 61,56 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, seperti faktor keturunan, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat

References

Al-Atsari, Syaikh Abu Muhammad Al-Biqa’I Asy-Syami (terj), (2016), 40 Hadits Keutamaan Al-Qur’an, Cetakan Ke-1, Surabaya: Pustaka Syabab.

Amin, Saifuddin, (2021), Pendidikan Akhlak Berbasis Hadits Arbain An-Nawawiyah, Cetakan Ke-1, Indramayu: Adanu Abimata.

An-Nawawi, Abu Zakaria Yahya bin Syaraf, Imam (terj), (2014), At-Tibyan: Adab Penghafal Al-Qur’an, Cetakan Ke-1, Solo: Al-Qowam.

Arifin, Bambang Samsul dan Rusdiana, (2019), Manajemen Pendidikan Karakter, Cetakan Ke-1, Bandung: Pustaka Setia.

Baiti, Noor, (2021), Perkembangan Anak Melejitkan Potensi Anak Sejak Dini, Cetakan Ke-1, Bogor: Guepedia.

Gumati, Redmon Windu. (2020). “Pengaruh Pembiasaan Tilawah Al-Qur’an Terhadap Pembentukan Karakter Siswa”. Karangan: Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan. Vol. 02 No. 02 (September), 38-57.

Hasbiyallah dan Moh. Sulhan, (2015), Hadis Tarbawi, Cetakan Ke-1, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kodir, Koko Abdul, (2017), Metodologi Studi Islam, Cetakan Ke-2, Bandung: Pustaka Setia.

Marzuki, (2019), Pendidikan Karakter Islam, Cetakan Ke-1, Jakarta: Amzah.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, (2017), Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Cetakan Ke-4, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim, (2014), Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis, Cetakan Ke-21, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik, (2015), Dasar Metodologi Penelitian, Cetakan Ke-1, Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sukmadinata, Nana Syaodih, (2019), Metode Penelitian Pendidikan, Cetakan Ke-12, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumiati. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Fajar Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Skripsi Sarjana (tidak dipublikasikan). Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Sarifuddin.

Suyadi, (2018), Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Cetakan Ke-4, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syafe’i, Rachmat, (2018), Ilmu Ushul Fiqih, Cetakan Ke-6, Bandung: Pustaka Setia.

Yasir, Muhammad dan Ade Jamaruddin, (2016), Studi Al-Qur’an, Pekanbaru: Asa Riau.


Published
2023-07-10
How to Cite
Silviani, H., Anwar, S., & Juanda, A. (2023). Pembiasaan tadarus Al-Qur’an dalam membentuk karakter peserta didik. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 37-48. https://doi.org/10.47971/tjpi.v6i1.688