Implementasi shalat dhuha dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik

  • Elis Susilawati IAILM Suryalaya
  • Oyib Sulaeman IAILM Suryalaya
  • Ase Kurniawan IAILM Suryalaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di MA Muslimin Panjalu. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, pengolahan data melalui rank spearman (r_s). Hasil penelitian diperoleh pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di MA Muslimin Panjalu cukup signifikan dengan kategori tinggi berdasarkan r_s = 0.65 berada pada interval 0.61 – 0.80 dengan klasifikasi tinggi. Serta t_(hitung ) (3.80) ≥ t_tabel (1.729). Pembiasaan shalat dhuha mempengaruhi kecerdasan spiritual peserta didik sebesar 42.25%, sedangkan 57.75% kecerdasan spiritual peserta didik dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian

References

Alba, Cecep. (2012). Tasawuf dan Tarekat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Bambang Samsul dan Rusdiana. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.

Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ardiansyah, Andri, dkk. (2015). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Suryalaya: Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

El-Mahfani, Khalilurrahman. (2015). Bertambah Kaya dan Berkah dengan Shalat Dhuha. Jakarta: Wahyu Qolbu.

Habibi, Muazar. (2020). Seni Mendidik Anak Nukilan Hikmah Menjadi Orang Tua Efektif. Yogyakarta: Deepublish.

Hasbiyallah dan Moh, Sulhan. (2015). Hadis Tarbawi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khoironi dan Mashdaria Huwaina. (2021). Peningkatan Kelentingan Nilai-Nilai Shalat Pada Anak Usia Dini. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Kurniasih, Imas. (2010). Mendidk SQ Anak menurut Nabi Muhammad saw. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Marwa.

M. Kamaluddin. (2016). Rahasia Kedahsyatan Shalat Sunnah Setahun Penuh. Banyumas: Pustaka Ilmu Semesta.

Mujahidah. (2022). Aspek Kecerdasan Spiritual dalam Al-Qur’an Surah Lukman Ayat 12-19. Jawa Tengah: NEM.

Mujib, Abdul. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Shalat Jamaah. Jawa Tengah: NEM.

Purwanto, Ngalim. (2014). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rafi’udin. (2018). Ensiklopedia Shalat Sunnah: Dhuha. Jakarta: Indocamp.

Rukminingsih, dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan, Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wawan. (2015). Pengantar Statistika Pendidikan. Tasikmalaya: Latifah.


Published
2023-07-10
How to Cite
Susilawati, E., Sulaeman, O., & Kurniawan, A. (2023). Implementasi shalat dhuha dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 27-36. https://doi.org/10.47971/tjpi.v6i1.687

Most read articles by the same author(s)