Representasi pembiasaan shalat dzuhur berjamaah dan akhlak peserta didik

  • Agus Agus IAILM Suryalaya
  • Agus Samsul Bassar IAILM Suryalaya
  • Moh. Yusup Saepuloh Jamal IAILM Suryalaya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah dengan akhlak peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Populasinya sebanyak 170 peserta didik dengan 34 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling, yaitu setiap kelompok diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi dan dokumentasi. Serta pengolahan data kuantitatif diselesaikan dengan rumus Rank Spearmen. Berdasarkan hasil pengolahan data, bahwa pembiasaan shalat dzuhur berjamaah tergolong baik, diperoleh dari nilai rata-rata (¯x) sebesar 63,2 yang berada pada skala penafsiran 60,94 – 66,80 dengan klasifikasi baik. Sedangkan akhlak peserta didik tergolong cukup, diperoleh dari nilai rata-rata (¯x) sebesar 60,9 yang berada pada skala penafsiran 58,8 – 64,2 dengan klasifikasi cukup. Kemudian hubungan pembiasaan shalat dzuhur berjamaah dengan akhlak peserta didik di SMP FULL DAY SCHOOL Al-Manshuriyah Sukaresik mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan kategori tinggi, terbukti diperoleh hasil  =0,78 yang berada pada interval 0,61 – 0,80 serta thitung 7,05 ≥ ttabel 1,694. pembiasaan shalat dzuhur berjamaah berhubungan akhlak peserta didik sebesar 60,84 %, sedangkan sisanya 39,16 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis

References

Abd.Rohman, (2017), Hikmah Shalat Berjama’ah Dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tematik), Skripsi, Program Studi Ilmu Qur’an Dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ardiansyah, Andri. dkk, (2015), Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAILM, Suryalaya : Fakultas Tarbiyah.

Avivah, Nur, (2020), Pengaruh Zikir dan Shalat Fardhu Berjamaah Terhadap Spiritual Quotient Santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Azzam, Abdul Aziz Muhammad dan Abdul Wahhab Sayyed Hawwas, (2013), Fiqih Ibadah, Jakarta: Amzah.

Bungin, B, (2017), Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Emzir, (2013), Metodologi penelitian pedidikan kuantitatif dan kualitatif, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

E. Mulyasa, (2012), Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta:PT Bumi Aksara.

Fawaid, Ahmad, (2018), Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Disekolah Dalam Meningkatkan Tali silaturahmi Warga Sekolah Di MTs Miftahul Ulum, Pucang, Kradinan, Dolopo, Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Firdaus, M. A, (2016), Metode Penelitian (Edisi Kedua), Jelajah Nusa.

Gunawan, Heri, (2014), Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta.

Hasanah, Nur, (2020), Pembiasaan Shalat Berjamaah dalam Peningkatan Akhlak Peserta Didik di Madrasah Aliyah At-Thohiriyah Suka Jawa Kecamatan Bumiratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah, Tesis, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Hasanuddin, Yusri Amru Ghazali, (2013), Panduan Shat Lengkap, Jakarta: Alita Media.

Indah Suci Sapitri, (2020), Hubungan Pembiasaan Shalat Dhuha dengan Akhlak Siswa Sekolah Menengah Atas, Jurnal Pendidikan Islam Indonesia Volume 5, Nomor 1, Oktober.

Nata, A, (2013), Akhlak Tasawuf dan Akhlak Mulia. Rajawali Pers Wawan, (2015), Pengantar Statistika Pendidikan, Tasikmalaya: Latifah.

Wawan, (2017), Pengantar Statistika Pendidikan, Tasikmalaya: Latifah

Maisaroh, Esty, (2020), Pengaruh Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Terhadap Kecerdasan Interpersonal Dan Prestasi Belajar Siswa (Penelitian Pada Siswa Kelas Iv Sdit Alam Zaid Bin Tsabit Ii Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang), Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang.

Mannan, A, (2015), Pembentukan Karakter Akhlak Karimah di Kalangangan Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar melalui Pendidikan Akidah Akhlak, Aqidah-Ta : Jurnal Ilmu Aqidah, 1(1), 31–42.

Muhamamad Fatthurohman dan Sulistyorini, (2012), Meretas Pendidikan berkualitas Dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras

Primarni, Amie dkk, (2013), Pendidikan Holistik, Jakarta Selatan: Almawardi Prima.

Qosim, M. Sholeh, A. Afif Amrullah, (2014), Tuntunan Shalat Untuk Warga NU Dan Dalil-Dalilnya, Jakarta: LTM-PBNU.

Rahmatullah, A.S, (2013), Kecerdasan Interpersonal Dalam Al-Quran Dan Urgensinya Terhadap Bangunan Psikologi Pendidikan Islam, Jurnal Cendekia Vol. 1 No. 1

Ramayulis, (2018), Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Rifai, Moh, ( 2015), Risalah Tuntunan Shalat Lengkap, Semarang: Pt. Karya Toha Semarang.

Samsiar,(2018), Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Budaya Religius Melalui Shalat Berjamaah di SMK Negeri I Balaesang. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri.

Sujarweni, Wiratna, (2018), Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukmadinata, Nana Syaodih, (2019), Metode Penelitian Pendidikan, Cetakan Ke-12, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhabidin, (2013), Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tim Penerjemah Kemenag RI, ( 2015), Al-Qur’an dan terjemahnya, Jakarta: Pustaka Amani.

Tolhah Ma’ruf, (2016), Fiqh Ibadah, Jawa Timur: Lembaga Ta’lif W Nasyr.

Yusuf, A Muri, (2014), Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan, Jakarta; Prenadamedia Group.


Published
2023-07-10
How to Cite
Agus, A., Bassar, A., & Jamal, M. Y. (2023). Representasi pembiasaan shalat dzuhur berjamaah dan akhlak peserta didik. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 9-26. https://doi.org/10.47971/tjpi.v6i1.686

Most read articles by the same author(s)