PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK

  • Ratna Sari IAILM Suryalaya
  • Suhro wardi
  • Syarief Hasani IAILM Suryalaya
Keywords: Kegiatan, ektrakurikuler pramuka, Peserta didik

Abstract

This research aims to find out the influence of scouting extracurricular activities on the discipline of learners at SMPI Serba Bakti. The method used in this study is a deskrptif method through quantitative approaches that are research that seeks to reveal the current circumstances or conditions by considering past circumstances through the processing of numbers obtained from research. Based on the results of data management, it was obtained that the influence of extracurricular activities on the discipline of learners at SMPI Serba Bakti has a significant positive influence with enough categories. Proven rs = 0.48 is at intervals of 0.40 – 0.60 and thitung 2,500 ≥ 2,080. So the influence of the influence of extracurricular activities on the discipline of learners in SMPI Serba Bakti has a percentage of 23% and 77% of other factors that affect discipline such as peers, family and so on.

References

Dahliyana, Asep. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 2017, 15.1.
Damanik, Saipul Ambri. Pramuka Ekstrakurikuler Wajib Di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 2014, 13.02: 16-21.
Hadianti, Leli Siti. Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa (Penelitian Deskriftif Analisis Di Sdn Sukakarya Ii Kecamatan Samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Uniga, 2017, 2.1: 1-8.
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan No. 62 Taun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.
Keputusan Kwartir Nasional No. 07 Tahun 2018 Tentang Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah Tangga.
Lestari, Ria Yuni. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 2016, 1.2.
Mustari, Mohammad. 2011. Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo
Mz, Ihsan; Marhani, Isnaeni. Dukungan Teman Sebaya Dan Pengaruhnya Terhadap Kedisiplinan Siswa. Psycho Idea, 2020, 18.2: 197-207.
Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ektrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.
Pramesti, Elsa Dwi Dwi; Khotimah, Nurul. Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 4-6 Tahun. Paud Teratai, 2016, 5.3.
Sari, Femi Fiana; Na'imah, Tri. Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Kelas Xi Di Smk Kesatrian Purwokerto Tahun 2011/2012. Psycho Idea, 2013, 11.2.
Setianingsih, Dina. Perbedaan Kedisiplinan Belajar Siswa Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua. 2008. Phd Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sugiono. 2017.Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta Cv.
Sugiono. 2017.Statistika Untuk Penelitian. Bandung: alfabeta Cv.
Sunardi, Andri BOB.2014. BOYMAN: Ragam Latihan Pramuka. Bandung: Penervit Nuansa Muda
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional minimal na sbrha sih
Wawan.2015. Pengantar Statistika Pendidikan. Tasikmalaya: CV. Latifah
Yuliantika, Siska. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, Xi, Dan Xii Di Sma Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 2017, 9.1: 35-44.

Published
2021-11-11
How to Cite
Sari, R., wardi, S., & Hasani, S. (2021). PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 348-354. https://doi.org/10.47971/tjpi.v4i2.364