POLA PENDIDIKAN RUHANI TAREKAT QODIRIYAH NAQSABANDIYAH PONDOK PESANTREN SURYALAYA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK MAHASISWA

  • Ridwam Ridwanulloh IAILM
  • Nana Yusep IAILM
Keywords: Pendidikan Ruhani; Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah; Pondok Pesantren Suryalaya; Akhlak

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan tentang perlunya meningkatkan kualitas spiritual dengan mendekatkan diri kepada Allah melalui jalur tarekat untuk membersihkan jiwa dari penyakit yang merusak al-Insan dalam hidupnya. Dan di Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya, diajarkan untuk membersihkan penyakit hati yang merusak al-insan. Pola Pendidikan Rohani yang diterapkan untuk membersihkan penyakit hati adalah dengan Dzikir, Khotaman, Manaqib, Riyadhah, Ziarah, dan mandi malam (mandi taubat) biasa disingkat DKM SAZA MAN. Semua ajaran tersebut diterapkan kepada mahasiswa Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah Program Studi Tasawuf dalam rangka mendidik mahasiswa menjadi manusia yang baik dan berakhlak mulia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pola Pendidikan Kerohanian Pondok Pesantren Qodiriyah Naqsabandiyah dalam Pembentukan Akhlak Mahasiswa di Program Studi Tasawuf dan bagaimana implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan metode yang menitikberatkan pada pengamatan secara mendalam. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Hasil Kajian Pola Pendidikan Kerohanian Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya dalam Pembentukan Akhlak Mahasiswa di Prodi Tasawuf dapat membentuk akhlak mahasiswa menjadi baik, rendah hati, amanah, qona’ah, sabar, dan dermawan.

Published
2023-08-16
How to Cite
Ridwanulloh, R., & Yusep, N. (2023). POLA PENDIDIKAN RUHANI TAREKAT QODIRIYAH NAQSABANDIYAH PONDOK PESANTREN SURYALAYA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK MAHASISWA. ISTIQAMAH: Jurnal Ilmu Tasawuf, 4(1), 66 - 80. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/istiqamah/article/view/716