PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS RIYADHAH TAREKAT QADIRIYAH NAQSYABANDIYAH SURYALAYA

  • Asriadi Rauf IAILM Suryalaya
Keywords: Pendidikan Karakter, Riyadhah, TQN Suryalaya.

Abstract

Krisis moral disetiap lini kehidupan bangsa ini, menjadikan pemerintah berupaya agar tujuan pendidikan nasional tidak saja mencerdaskan kehidupan bangsa ini, namun juga berkarakter sehingga terciptalah manusia Indonesia yang cerdas dan berakhlakul karimah.

Pendidikan karakter merupakan suatu upaya untuk membentuk karakter peserta didik menjadi lebih baik, berakhlak mulia sehingga dapat bermanfaat bagi dirinya, keluarganya dan lingkungannya.

Pendidikan karakter disetiap lembaga pendidikan metodenya berbeda, diantaranya di Pondok Pesantren Suryalaya para santri dan mahasiswa serta ikhwan/akhwat diharapkan dapat rutin melakukan riyadhah-riyadhah TQN Suryalaya, misalnya istiqamah rutin melaksanakan zikir TQN Suryalaya setiap habis sholat lima waktu, mengikuti khotaman tam (pembacaan aorad TQN Suryalaya) sepanjang malam setiap bulan,  mandi malam selama 40 malam mulai jam 02.00 pagi kemudian dilanjutkan dengan qiyamullail dan zikir sampai menjelang sholat subuh, berpuasa, dll yang semua itu dampaknya dapat memberi pengaruh terahadap perubahan perilaku mereka menjadi lebih baik. 

Metodologi yang digunakan dalam tulisan ini adalah sebagai berikut; 1) penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana penulis mengamati langsung ritual Riyadho TQN Suryalaya serta dampaknya bagi mereka yang rajin melakukan riyadho.  2) Tehnik pengumpulan data melalui pengumpulan dokumen, observasi, wawancara dan studi pustaka, 3) Prosedur penelitian antara lain; melakukan tahap persiapan seperti membuat questioner, kemudian melakukan obervasi, wawancara dan mengkaji ajaran TQN,  4) Menganalisis data setelah memperoleh data-data dengan melakukan langkah-langkah seperti mencatat data, analisis perkasus dengan melihat kategori jawaban subyek penelitian, selanjutnya melakukan analisis antar kasus untuk mendapatkan gambaran umum tentang pola dan hubungan antar kategori, 5) untuk memperoleh keabsahan data, maka penulis menggunakan metode triangulasi untuk memeriksa dan menetapkan validitas dengan menganalisa dari berbagai persfektif serta apakah penelitian secara akurat mencerminkan situasi dan didukung oleh bukti.

Dari penelitian ini, ditemukan bahwa santri, mahasiswa atau ikhwan yang rutin melakukan riyadhah TQN Suryalaya akan memberi pengaruh terhadap perubahan perilakunya menjadi lebih baik.

Published
2023-08-16
How to Cite
Rauf, A. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS RIYADHAH TAREKAT QADIRIYAH NAQSYABANDIYAH SURYALAYA. ISTIQAMAH: Jurnal Ilmu Tasawuf, 4(1), 81 - 105. Retrieved from https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/istiqamah/article/view/714