PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI

  • Santi Susanti Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya
  • Susan Nurhayati Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya
Keywords: Metode Iqro’, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode iqro’ dalam mengenalkan huruf hijaiyah di TK Al-Ikhlas Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif agar bisa memperoleh keterangan-keterangan yang luas dan mendalam terkait dengan tujuan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua siswa TK Al-Ikhlas Tasikmalaya. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Iqro’ dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penggunaan metode iqro’ memberikan pemahaman dasar huruf hijaiyah dan kemudahan dalam membedakan huruf dengan baik dan benar baik secara urut maupun acak. Metode iqro’ juga memiliki kelebihan yaitu mudah dipahami dan digunakan, sedangkan kekurangannya yaitu tidak dapat dibaca dengan irama tartil dan tidak diajarkan bacaan-bacaan tajwid.

References

Dahlia, D., Syukri, M., & Marmawi, M. (2014). Penerapan Metode Iqra dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Cahaya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(6). https://doi.org/10.26418/JPPK.V3I6.5673
Khadijah, K. (2019). Analisis Kesulitan Anak dalam Membaca Huruf Hijaiyyah Berdasarkan Pandangan Matematis. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 42–52. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/229
Nazopah, N., & Trisnawati, T. (2019). Implementasi Penerapan Metode Iqro’ dalam Pembelajaran Baca Al-Qur’an di TK Islam Al-Aziziyah Kapek Gunungsari Lombok Barat. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 92–110. https://doi.org/10.3454/AT-TADBIR.V3I1.3416
Septian, F., & Agustian, B. (2020). Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah dengan Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(4), 558–562. https://doi.org/10.32493/INFORMATIKA.V5I4.8214
Sukron, O. (2020). Studi Komparatif Pelaksanaan Bimbingan Baca Tulis Al Qur’an Melalui Metode Ummi dan Metode Iqro di Sekolah Menengah Kejuruan Cendikia Utama. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 202–225. https://doi.org/10.47453/EDUPROF.V2I2.27
Supriadi, S., & Rismawati, R. (2021). Rumbaqu : Rumah Baca Al Quran Sebagai Solusi Ideal Tempat Belajar Anak di Era Pandemi Covid-19 . SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 867–871. https://doi.org/10.31764/JPMB.V4I3.5398
Tawakal, F., Wahyuni, D., & Aldisyah, A. (2020). Aplikasi Pembelajaran Iqro’ Sebagai Sarana Membaca Al-Qur’an. Informatika, 12(2), 20–25. https://doi.org/10.36723/JURI.V12I2.227
Ulfah, T. T., Assingkily, M. S., & Kamala, I. (2019). Implementasi Metode Iqro’ dalam Pembelajaran Membaca Al Quran. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.30659/JPAI.2.2.44-54

DOI:
Published
2022-12-27
How to Cite
Susanti, S., & Nurhayati, S. (2022). PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 13-23. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/533
Section
Articles