MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN METODE MEMBACA CANTOL ROUDHOH

  • Pepi Septiani Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya
  • Nurhamzah Nurhamzah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya
  • Susan Nurhayati Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Tasikmalaya
Keywords: Kemampuan Baca, Cantol Roudhoh

Abstract

Membaca secara dini merupakan salah satu persiapan bagi anak Taman Kanak-Kanak agar dapat membaca kata-kata sederhana, mengetahui tulisan dan makna katanya. Membaca dini dapat menimbulkan dampak positif bagi perkembangan bahasa anak untuk jenjang pendidikan. Membaca dini adalah membaca yang diajarkan secara terprogram kepada anak prasekolah. Program ini menumpukkan perhatian pada perkataan-perkataan utuh dan bermakna dalam konteks pribadi anak-anak. Metode baca yang menyenangkan bagi anak usia dini salah satunya metode baca cantol roudhoh. Metode membaca cantol roudhoh merupakan sebuah metode membaca yang berpegang pada prinsip dengan mengembangkan asfek visual, auditorial, dan kinestetik yang di dalamnya terdapat unsur warna, gambar, nada irama, dan rasa nyaman. Dalam penelitian ini peneliti berfokus apakah ada pengaruh metode cantol roudhoh terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di RA Salsabila Panumbangan Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis.  Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh metode cantol roudhoh terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di RA Salsabila Panumbangan Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Salsabila Kecamatan Panumbangan. Sumber data berasal dari anak, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Analisis data menggunakan model Elliot. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan minat baca, dari kondisi awal dengan menggunakan pretest diperoleh hasil ketuntasan 13% dari jumlah seluruh anak dalam satu kelas. Setelah dilakukan tindakan siklus I ketuntasan meningkat menjadi 38% dan setelah tindakan siklus II menjadi 83%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode cantol roudhoh dapat meningkatkan kemampuan baca anak Kelompok B RA Salsabila Kecamatan Panumbangan.

References

Aziz Saprudin. 2017. Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia
Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Materi Pokok Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta : Universitas Terbuka
Khadijah. 2012. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. Jakarta: Perdana Publishing
Nurhasah, Erna. 2020. Metode Membaca Cantol Roudhoh. Bandung: Permata Biru.
Soemiarti. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Sodikin, Ali. 2009. Teladan Mulia Pendidikan Agama Islam. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Sudjana. 2006. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sugiyono. 2016. Model penelitian pendidikan ( pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfa beta
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam kajian Neurosains.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2015. Konsep Dasar PAUD.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suyadi dan dahlia. 2014. Kurikulum PAUD 2013. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Tangyong, Agus. 2009. Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Gramedia
Yamin, Martinis. 2013. Panduan Paud. Jakarta: Gaung Persada Pers Group
Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana
Yusuf, Samsyu. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

DOI:
Published
2021-12-20
How to Cite
Septiani, P., Nurhamzah, N., & Nurhayati, S. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN METODE MEMBACA CANTOL ROUDHOH. WALADUNA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 77-86. Retrieved from http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/421
Section
Articles