Peran pendidikan agama dalam keluarga terhadap pencegahan kenakalan remaja

  • Fapat Fatmawati IAILM Suryalaya
  • Euis Dewi Wijayanti Universitas Islam KH Ruhiat Cipasung
  • Sri Utami Dewi Universitas Islam KH Ruhiat Cipasung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran pendidikan agama dalam keluarga terhadap pencegahan kenakalan remaja di Desa Sukapada Tasikmalaya. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan wawancara. Serta teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi dengan Rank Spearman. Hasil penelitian ini bahwa Pendidikan Agama dalam Keluarga Desa Sukapada ini memiliki korelasi yang sangat berpengaruh terhadap Pencegahan Kenakalan Remaja. Dengan hasil  sebesar 0,66 dan berada pada klasifikasi Tinggi (High), karena berada pada interval 0,61-0,80. Diperoleh derajat determinasi , dan sisanya 56,44%  ditentukan oleh faktor lain. Hal ini dapat diartikan bahwa Pendidikan Agama dalam Keluarga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pencegahan Kenakalan Remaja di Kampung Cidahu Desa Sukapada Kecamatan Pagerageung.

References

Agustin, A. a. (2018). Pengaruh Pendidikan Agama dalam Keluarga terhadap Mentalitas Anak.

Ahid, N. (2010). Pendidikan Keluarga dalam Prespektif Islam. Yogyakarta:.

Akhdiyat, B. A. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Pustaka Setia, Bandung.

Al-barik, H. b. (1997). Ensiklopedi Wanita Muslimah, Terj. Amir Hamzah Fahruddin, Darul Falah. Jakarta Pusa.

Aminuddin. (2014). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum. Ghalia Indonesia, Bogor.

Amirullah, H. (2015). Teori penddikan karakter remaja dalam keluarga. Bandung: Alfabeta.

Andriyani. (2020). Peran Lingkungan Keluarga dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, Vol 3, No 3.

Asrori, M. A. (2006). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dadan Sumara, S. H. (2017). Kenakalan Remaja Dan Penanganannya. Jurnal Penelitian & PPM, Vol 4, No: 2.

Daradjat, Z. (1993). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. CV. Ruhama, jakarta.

Daradjat, Z. (1999). ilmu pendidikan islam. In S. P. H. Amirullah, Teori Pendidikan Karakter Remaja dalam Keluarga. Jakarta : Rajawali Press.

Dwi, V. L. (2008). Kenakalan Remaja dan Penanggulangannya. Klaten: Cemapaka Putih.

Falah, S. (2014). Parents Power Membangun Karakter Anak Melalui Pendidikan Kelurga. Jakarta: Republika.

Gunarsa, D. S. (2004). Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Handbook. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. PT Imperal Bhakti Utama

Hartono. (2011). Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Hurlock. (2007). Remaja. Jakarta: Erlangga.

Idi, W. (2020). Pendidikan Islam Dalam Keluarga. Palembang: Tunas Gemilang Press.

Jalaluddin. (2012). Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali Press.

Jalaluddin. (2018). Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kartono, K. (2017). Kenakalan remaja. Jakarta, RajaGrafindo Persada.

Koentjraningrat. (2012). Jurnal At-Tajdid Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam keluarga, (Online), (1), (1). http://douwnload.portalgaruda.org.

KZ., P. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja.Aplikasi Ilmu-ilmu Agama., Vol 17(1).

Lickona, T. (2013). Kenakalan Remaja. Bandung: Nusa Media.

M.Arifin. (2005). Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta: PT Golden Terayon Press .

Mahfud Junaedi. (2009). Kiai Bisri Musthafa Pendidikan Keluarga Berbasis Pesantren. Semarang: Walisongo Press.

Mansur. (2014). Pendidikan anak usia dini dalam islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mardalis. (2008). Metodologi Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Nizar, S. (2016). Pendidikan Keluarga,. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nurwidia, I. (2019). Pendidikan akhlak dalam keluarga terhadap kepribadian

remaja awal (usia 12-15 tahu).

Purwandari. (2011). keluarga, kontrol sosial, dan "strain" : model kontinuitas delinquency. Jurnal Humanitas, 31.

Purwanto, N. (2000). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Rosdakarya, Bandung: Edisi II, Cet. Ke-13.

Riswandi. (2009). Ilmu Komunikasi. Graha Ilmu.

Sudarsono. (2012). Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto, A. (1993). Tarjamah Shahih Bukhari Jilid VIII. Semarang: Asy-Syifa.

Suwito. (2004). Filsafat Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawih. Belukar, Yogyakarta.

Tafsir, A. (2004). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Thoha, C. (1996). kapita selekta pendidikan islam. Pustaka Pelajar.

Wawan. (2015). DesainPenelitian Kuantitatif . Suryalaya: Latifa Press.

Yunus, M. (n.d.). Kamus Arab- Indonesia, Hida karya Agung. Jakarta: Cet. Ke-3.

Zakaria, I. (1982). dasar-dasar kependidikan. bandung:angkasa.


Published
2023-12-15
How to Cite
Fatmawati, F., Wijayanti, E., & Dewi, S. (2023). Peran pendidikan agama dalam keluarga terhadap pencegahan kenakalan remaja. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 61-69. https://doi.org/10.47971/tjpi.v6i2.817