Analisis internalisasi nilai-nilai keislaman melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan

  • Misbah Munir IAILM Suryalaya
  • Moh. Yusup Saepuloh Jamal IAILM Suryalaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang internalisasi nilai-nilai keislaman melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan akhlak di SMP Negeri 1 Panjalu. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observatif, wawancara (interview) dan juga dokumentasi dengan menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan dan melukiskan data yang diperoleh. Dari hasil yang didapat, proses penanaman nilai-nilai keislaman melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan akhlak di SMP Negeri 1 Panjalu menggunakan dua cara yaitu langsung dan tidak langsung. Cara langsung bisa menggunakan beberapa cara diantaranya pembiasaan, keteladanan, pengawasan sampai pemberian sanksi. Sedangkan cara tidak langsung melalui pemberian pengetahuan keagamaan di kelas. Untuk menuai hasil yang lebih maksimal pada proses internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui beberapa tahapan yaitu pertama, tahapan transformasi nilai, yang kedua transaksi nilai dan ketiga transinternalisasi. Strategi yang digunakan ada empat, yaitu keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat dan kedisiplinan. Implikasi internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan akhlak di SMP Negeri 1 Panjalu dapat membantu para siswa untuk lebih mudah menghayati nilai agama islam dan membantu dalam menekan kenakalan remaja dan mencegah pengaruh buruk pada akhlak siswa.

References

Hadi, Joko Praseto. "Internalisasi Nilai-nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa Melaui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di MTs Muslim Pancasila Wonotirto Blitar." Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2016: 170.

Indonesia, Pemerintah. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekertariat Negara Republik Indonesia, 2003.

Madjid, Nurcholish. Masyarakat Religius Membumikan Nilai-Nilai Islam dalam Kehidupan . Jakarta: Dian Rakyat, 2010.

Majid, Abdul. Pendidikan Karakter Persfektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Marzuki. Pendidikan Agama Islam. Ombak: Anggota IKPI, 2012.

Muhaimin, dkk. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2006.

Syafri, Ulil Amri. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.

—. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1992.

—. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam, Bandung: Maestro, 2008.

Yulianti, Muh. Hambali dan Eva. “Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Kota Majapahit.” Jurnal Pedagogik, 2018: 197-198.


Published
2023-12-15
How to Cite
Munir, M., & Jamal, M. Y. (2023). Analisis internalisasi nilai-nilai keislaman melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 38-51. https://doi.org/10.47971/tjpi.v6i2.815